Pencarian

Bupati Bengkalis Resmi Lepas Ribuan Peserta Pawai Budaya Hari Jadi Bengkalis Ke-505

BENGKALIS, DISKOMINFOTIK - Bupati Bengkalis Amril Mukminin secara resmi melepas ribuan peserta pawai budaya, Sempena Hari Jadi Bengkalis Ke-505 Tahun 2017, Senin (31/07/2017) pagi, di Lapangan Tugu Bengkalis.

Rombongan pertama yang melintasi podium kehormatan Bupati Bengkalis, Amril Mukminin dan seluruh pejabat, adalah rombongan Marching Band Andam Dewi Bengkalis. Kemudian diikuti rombongan LAM R Kab. Bengkalis, Suku Aceh, Suku Akit, Suku Banjar, Suku Batak, Suku Bugis, Suku Jawa, Suku Minang, Suku Lombok, Suku Sunda, Suku Sakai dan Suku Thionghua.

Selain dari berbagai rombongan suku dan etnis pada pergelaran pawai budaya tahun ini, juga disemarakan dari beberapa rombangan seperti Bujang dan Dara dari Disbudparpora Kabupaten Bengkalis, Becak hias Bengkalis, Persatuan Silat Bengkalis, Group Sholawat Bengkalis, rombongan Pemuda KNPI Bengkalis serta dari sekolah dan perguruan tinggi yang ada di Kota Bengkalis.

Dalam sambutan Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengatakan, kegiatan pawai budaya yang dilaksanakan salah satu upaya kita untuk melestarikan kekayaan khazanah budaya masyarakat di Kabupaten Bengkalis. Karena, sebagai bagian dari jati diri seluruh anak negeri ini, eksistensinya dan sebagaimana dibuktikan selama ini, mampu menjadi perekat yang tak lapuk karena hujan, tak lekang oleh panas, dalam mempersatukan seluruh lapisan masyarakat dari berbagai paguyuban yang ada di Negeri Junjungan ini.

Karena itu pula kata Amril, masa boleh berlalu, era boleh berganti, namun eksistensi dan keberagamaman budaya yang kita miliki, sampai kapan pun, karena apa pun dan oleh siapa pun, harus tetap terbingkai dan membingkai indahnya kebersamaan yang telah berhasil kita bina dengan baik selama ini. Keberagaman yang kita miliki itu harus tetap menjadi daya dorong utama dan pertama dalam meningkatkan semangat dan kecintaan kita kepada negeri ini, kepada satu Bengkalis dan Bengkalis yang satu. Kemudian, harus menjadi penangkis pertama dan utama terhadap dampak negatif budaya-budaya lain yang dapat mencabut akar budaya kita sebagai jati diri.

Pada waktu yang sama Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengatakan, direncanakan kedepan selain pelaksanaan hari jadi Bengkalis, juga akan dibentuk kegiatan hari jadi Kabupaten Bengkalis.

“saat ini kita sedang membahas dan mempelajari dengan tokoh – tokoh kita serta rekan –rekan DPRD Kabupaten Bengkalis menjadikan Perda untuk Hari Jadi Kabupaten Bengkalis, supaya masyakat dan keluarga kita di Kecamatan yang lain bisa ikut bersama - sama kita dalam memperingati hari jadi kabupaten Bengkalis,” ujar Bupati.

Tampak hadir Wakil Bupati Bengkalis, Plt. Sekda Bengkalis, Kapolres Bengkalis, Dandim 0303 Bengkalis, Kajari Negeri Bengkalis, Ketua LAM R Kabupaten Bengkalis, Para Asisten Bupati Bengkalis, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kab. Bengkalis Serta sejumlah Pejabat Plt/Kepala Dinas SOPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

 

Tim Redaksi