Pencarian

Hadir Ditengah-Tengah IPEMALIS, Kadisdik Tekankan Pentingnya Kepemimpinan Berkelanjutan

JAKARTA - Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Hadi Prasetyo menekankan pentingnya kepemimpinan berkelanjutan dalam sebuah organisasi.

Menurut Hadi, kepemimpinan berkelanjutan bukan hanya sebuah slogan, melainkan sebuah komitmen untuk menciptakan masa depan organisasi yang lebih baik.

Hal tersebut disampaikan Kadisdik saat menghadiri Focus Group Discussion (FGD) dan Musyawarah Tahunan Anggota (MTA) ke XVII Ikatan Pemuda Mahasiswa Bengkalis (IPEMALIS) di Jakarta, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Penekanan itu selaras dengan tema yang diusung yaitu "Sinergi Kepemimpinan Berkelanjutan untuk Memperkuat Komitmen dan Keberhasilan Organisasi".

"Ketika kita berbicara tentang kepemimpinan berkelanjutan pada zaman dimana perubahan adalah satu-satunya hal yang konstan, tentunya hal tersebut bukan hanya sebuah pilihan, melainkan telah menjadi sebuah keharusan. Agar kelak kita memiliki pemimpin yang mampu menavigasi perairan yang penuh gejolak secara baik, profesional yg berkualitas kelak dapat meninggalkan warisan yang positif untuk kita semua," ungkapnya.

Dalam situasi seperti ini, lanjutnya, pemimpin yang berkelanjutan itu adalah mereka yang bisa memasukkan keberlanjutan kedalam pengambilan keputusan dan gaya kepemimpinannya. Atau dengan kata lain, pemimpin yang senantiasa memprioritaskan kemajuan dan kesejahteraan dengan pandangan jangka panjang serta memiliki komitmen tinggi untuk keberhasilan organisasi atau lembaga yang dipimpinnya.

"Jika dalam kepemimpinan publik, kepemimpinan berkelanjutan itu adalah pemimpin yang memiliki nilai-nilai etika, sistem pemikiran berkelanjutan, penuh kesadaran yang holistik, reflektif terhadap situasi kompleks dan tidak pasti, serta tangguh dan mampu dalam mengatasi masalah-masalah ketidaksetaraan sosial, perubahan iklim, krisis ekonomi, serta kreatif dan inovatif, sembari memastikan pertumbuhan ekonomi, kemajuan daerah serta kesejahteraan masyarakat sebagai tujuan utamanya," jelas beliau.

"Oleh karenanya, organisasi publik atau pemerintahan membutuhkan pemimpin yang berkelanjutan, yang memiliki kemampuan untuk melihat lebih dari sekadar masa kini, berinovasi untuk jangka panjang, dan bertindak untuk kebaikan bersama, kebaikan untuk manusia dan lingkungan, baik saat ini dan masa mendatang," imbuhnya.

Mengingat IPEMALIS juga akan melaksanakan musyawarah tahunan anggota, Hadi Prasetyo juga berharap agar dari musyawarah ini nantinya akan terbentuk pimpinan dan pengurus IPEMALIS Jakarta yang memiliki visi dan misi jauh kedepan, serta mampu membuat dan menjalankan program kerja organisasi. Hal ini sangat penting, karena maju dan mundurnya suatu organisasi akan sangat ditentukan oleh figur-figur kepengurusan, terutama figur ketuanya.

"Harapan kami juga, pasca terbentuknya kepengurusan IPEMALIS Jakarta nantinya, adik-adik mampu membuat suatu rumusan kerja, rekomendasi, serta pemikiran-pemikiran bernas yang lebih adaptif dan lebih fokus, terutama dalam merumuskan berbagai kebijakan yang dipandang relevan dan efektif bagi kepentingan organisasi IPEMALIS, masyarakat dan daerah. Karena memang fokus kita kedepan itu bukan hanya kepemimpinan berkelanjutan, termasuk juga pembangunan berkelanjutan, yakni pembangunan yang tidak hanya memprioritaskan pertumbuhan ekonomi semata, akan tetapi juga berkaitan dengan kesejahteraan sosial serta kualitas hidup masyarakat secara umum," ungkapnya.

Hadi Prasetyo yakin, jika kepemimpinan dan pembangunan berkelanjutan tersebut dapat berjalan optimal, tentunya daerah akan mampu bersaing serta unggul di tingkat Nasional maupun global dalam memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

"Makanya kembali kami mengajak adik-adik semua untuk bersama kita memperkuat sinergi, guna mendukung kepemimpinan berkelanjutan tersebut, agar kita dapat memastikan integritas, transparansi dan akuntabilitas dalam setiap kebijakan dan keputusan yang diambil, tetap bermuara pada kemajuan organisasi, daerah dan kesejahteraan masyarakat," sebutnya.

Kepada adik-adik yang tergabung dalam IPEMALIS Jakarta, Kadisdik berpesan, agar semuanya aktif berorganisasi dengan baik. Namun harus tetap ingat akan tugas dan tanggung jawab lainnya. Karena mahasiswa adalah harapan keluarga yang diberi tugas untuk dapat meningkatkan taraf hidup, menambah wawasan dan meningkatkan pola pikir, sehingga kelak adik-adik dapat ikut serta dalam membangun daerah serta mensejahterakan keluarga.

"Selanjutnya, tidak berapa lama lagi kita akan melaksanakan Pilkada serentak, termasuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis. Tentunya, kami sangat mengharapkan peran adik-adik semua untuk ikut berpartisipasi serta mengawal pelaksanaan Pilkada serentak 2024 tersebut, agar berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Karena suksesnya penyelenggaraan Pilkada serentak, tidak hanya menjadi tanggung jawab dari penyelenggaranya saja, melainkan juga menjadi tanggung jawab kita bersama, termasuk adik-adik yang tergabung dalam IPEMALIS. Dalam hal ini, IPEMALIS diharapkan dapat ikut serta terlibat dalam pemilihan atau ikut memberikan imbauan kepada keluarganya yang ada di Bengkalis untuk hadir di TPS pada tanggal 27 November nantinya," pungkasnya. #DISKOMINFOTIK

Tim Redaksi