Pencarian

Pjs Bupati Bengkalis Hadiri Haul Akbar Syekh Abdul Qodir Al-Jailani Ke-885 Tahun, di Desa Pedekik

BENGKALIS - Penjabat sementara (Pjs) Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Ed Efendi menghadiri acara Haul Akbar Syekh Abdul Qadir Al-Jailani yang ke-885 tahun, Sabtu 19 Oktober 2024, di halaman Masjid Al-Falah Jalan Subrantas Desa Pedekik.

Kegiatan haul ini diselenggarakan Jama'ah Thoriqoh Qodiriyah Wannaqsyabandiyah Mu'tabarah Annahdliyah Desa Pedekik Kecamatan Bengkalis. Dengan menghadirkan penceramah dari Pengasuh PP Riyadus Solihin Kerinci Kanan Siak KH  Muhammad Thoyib Firdaus.

Dalam sambutan Pjs Bupati Bengkalis dibacakan Ed Efendi mengatakan, Syekh Abdul Qodir Al-Jailani merupakan sosok yang telah memberikan spirit keagamaan bagi umat Islam. Sehingga beliau dijadikan sebagai teladan orang-orang ma'rifat, pemimpin para syekh dan dikaruniai maqam serta karomah.

Salah satu karomah Syekh Abdul Qadir Al-Jailani yang paling menarik dan terus diingat sampai sekarang adalah namanya yang terus disebut, didoakan dan dibaca dalam tawasulan hingga saat ini oleh jutaan umat Islam di belahan dunia.

"Mari kita berdo’a, semoga keteladanan dan karomah beliau, senantiasa melekat dalam diri kita untuk diteladani sehingga mampu memperkokoh rasa keimanan, rasa ketaqwaan serta rasa persaudaraan diantara kita", ajak Ed.

Selanjutnya Ed Efendi mengatakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis menyambut baik dengan kegiatan-kegiatan keagamaan yang dilakukan oleh masyarakat, seperti kegiatan haul malam ini. Karena apabila rohani masyarakat yang dibentuk dari nilai-nilai agama yang baik, tentunya dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, yang berakselerasi pula dengan terbentuknya akhlak, moral dan budi pekerti.

Sehingga mampu membentuk ummat yang berkarakter Islami, yakni umat yang mengikuti keteladanan Rasulullah Saw.

"Melalui peringatan haul ini, kita dapat bekali diri, untuk terus meningkatkan amal ibadah serta memantapkan pemahaman dan pengalaman nilai-nilai Islam secara baik, sehingga kita dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, agar selamat hidup di dunia maupun diakhirat kelak," harap Ed Efendi.

Pada kesempatan itu juga, Ed Efendi mengajak kepada seluruh jama'ah serta para tamu undangan yang hadir untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada serentak pada tanggal 27 November 2024. 

"Mari bersama-sama kita berdo’a semoga pelaksanaan Pilkada serentak di negeri ini senantiasa aman, nyaman dan damai. Selain itu kami sangat berharap bapak/ibu dapat hadir di TPS untuk menggunakan hak pilihnya, karena satu suara bapak/ibu sangat menentukan masa depan daerah ini,"tutupnya.

Sementara Pj. Kepala Desa Pedekik Aswandi mengatakan bahwa atas nama pemerintahan desa mendukung sepenuhnya kegiatan keagamaan Jama'ah Thoriqoh Qodiriyah Wannaqsyabandiyah Mu'tabarah Annahdliyah Desa Pedekik. 

Ia juga berharap dengan adanya kegiatan zikir tersebut menjadikan Desa Pedekik yang aman dan berkah.

"Atas nama pemerintah desa kami mendukung sepenuhnya kegiatan keagamaan suluk thoriqoh Naqsyabandiah kholidiyah oleh orang tua-tua kami, dengan amalan zikir insyaallah Desa Pedekik menjadi desa yang aman dan penuh keberkahan,”ungkap Aswandi.

Selain itu Aswandi berharap semoga melalui kegiatan ini menjadi asbab turunnya keberkahan, kedamaian serta kesejahteraan di Desa Pedekik ini.

Kegiatan haul ini juga diperingati untuk KH. Abdul Mukti yang ke-47 tahun, KH. Muhammad Darwis ke-22 tahun dan KH. Muhammad Sahil yang ke-11 tahun.

Turut hadir Sekcam Bengkalis Fitra Rama, Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis Ismail, Pimpinan Pondok Sholawat Al Burdah Baa  Khalis Abah Fadhli Inayatullah, Imam Besar Masjid Istiqomah Bengkalis Ustaz Ghufronuddin, Pimpinan Riyadhoh suluk jamaah Thoriqoh Naqsyabandiyah kholidiyah KH. Ahmad Mawardi serta dihadiri seluruh para tamu undangan terhormat lainnya.#DISKOMINFOTIK.

Tim Redaksi