Pencarian

BPKAD Bengkalis Bakal Luncurkan Aplikasi SI MANIS untuk Tertibkan Aset Tanah Daerah

BENGKALIS  – Dalam upaya meningkatkan kinerja pengelolaan aset, khususnya aset tetap tanah, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) akan meluncurkan aplikasi “SI MANIS” (Sistem Informasi Manajemen Aset Tanah Bengkalis).

Kepala BPKAD Kabupaten Bengkalis melalui Sekretaris BPKAD Firdaus langsung mempresentasikan aplikasi SI MANIS tersebut bersama Kasubbag Keuangan dan Perlengkapan Budi Herlina dan Tim aplikasi SI MANIS, di Ruang Rapat Kantor BPKAD Bengkalis, Selasa, 15 Oktober 2024.

Untuk diketahui, aplikasi SI MANIS ini merupakan sebuah sistem informasi yang mengintegrasikan data Barang Milik Daerah (BMD) khususnya aset tetap tanah yang akan dimanfaatkan dengan informasi sesuai tata ruang serta tata letak BMD.

Dalam presentasi mengenai aplikasi SI MANIS, Firdaus mengatakan saat ini semuanya serba berbasis teknologi. Maka aplikasi yang sedang dikembangkan ini akan mengelola dan mendata mengenai aset milik pemerintah yang berfungsi sebagai data base aset tanah Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Selain itu, Firdaus juga menyebutkan bahwa aplikasi ini nantinya akan dijadikan sebagai arsip digital. Karena semua tanah yang sudah bersertifikat akan di upload dalam aplikasi ini.

“Aplikasi ini bukan hanya meng-input data aset tanah saja, tapi juga dengan dokumen yang ada seperti sertifikat. Ini bagian dari inovasi yang kita bangun untuk meningkat kinerja pengelolaan aset tanah”, ungkap Firdaus.

Hadir mengikuti persentasi pembuatan aplikasi SI MANIS tersebut Plt Kasubbid Anggaran Hermansyah, Analis SDM Aparatur M Yusuf Toha dan Staf Bidang PPKD Bahari Febri Wanto.

Tim Redaksi