Pencarian

YKAN Kembali Gelar Monev Kegiatan Restorasi dan Perlindungan Mangrove

BANTAN - Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN) kembali menggelar monitoring dan evaluasi kegiatan restorasi dan perlindungan mangrove di wilayah Desa Teluk Pampang.

Kegiatan tersebut, dibuka Pj. Kepala Desa Teluk Pambang Sriyono, Kamis 3 Oktober 2024, di gedung serbaguna Kantor Desa Teluk Pambang.

Dalam sambutannya Sriyono mengucapkan terima kasih kepada YKAN yang telah membimbing dan mensupport setiap kegiatan LPHD Teluk Pambang. Semoga dengan komitmen YKAN ini benar-benar bisa membantu merestorasi dan melindungi ekosistem mangrove di Desa Teluk Pambang.

"Kami atas nama pemerintahan desa sangat menyambut baik, mendukung dan apresiasi kepada YKAN dan LPHD Teluk Pambang yang terus peduli terhadap lingkungan hutan mangrove di Desa Teluk Pambang,"ucap Sriyono.

Selanjutnya Sriyono berharap mudah-mudahan melalui kegiatan seperti ini, Desa Teluk Pambang akan menjadi desa percontohan sebagai wilayah restorasi dan perlindungan hutan mangrove bagi desa-desa lainnya.

Sementara itu Kepala UPT KPH Bengkalis Pulau Muhammad Fadli mengatakan bahwa pentingnya hutan mangrove untuk Pulau Bengkalis ini, agar terhindar dan mencegah dari lajunya abrasi, dengan keberadaan mangrove yang tumbuh subur bisa menyerap karbon dan itu juga bisa membantu ekonomi masyarakat melalui perdagangan karbon nantinya.

"Kami selalu memberikan dukungan kepada Tim YKAN yang komitmen terhadap perlindungan dan restorasi mangrove di pulau Bengkalis,"ungkap Fadli.

Selanjutnya M. Ilman selaku Direktur Bidang Kelautan YKAN menyampaikan bahwa terkait dengan peraturan karbon telah ditetapkan. Namun saat ini masih dalam perbaikan dan belum selesai.

"Kami sangat bangga serta apresiasi sekali atas dukungan dari semua pihak. Memang untuk menyelamatkan dan melindungi mangrove ini harus dilakukan secara bersama. Terutama dukungan dari pemerintah, masyarakat, lembaga penggiat mangrove serta stakeholder lainnya. Dukungan dan kerjasama ini, sangat penting untuk mencapai tujuan Indonesia hijau,"ungkapnya.

Lebih lanjut Ilman menjelaskan bahwa kegiatan YKAN tersebut, turut didukung oleh HSBC Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Manajer Senior Ketahanan Pesisir YKAN Mariski Nirwan, Fadil Nandila YKAN Riau Partnership Coordinator, Ismail Koordinator Lapangan BRGM Bengkalis, Ketua LPHD Teluk Pambang beserta seluruh anggota dan Kelompok Belukap Desa Teluk Pambang serta para tamu undangan lainnya.#DISKOMINFOTIK.


 

Tim Redaksi