Pencarian

Bulan Alzheimer's Sedunia, Alzheimer's Chapter Bengkalis Gelar Bahaya Pikun

BENGKALIS - Berbagai kegiatan terus dilakukan Alzheimer's Indonesia Chapters Bengkalis dalam memperingati Bulan Alzheimer Sedunia, salah satunya dengan menggelar sosialisasi dan senam Alzi.

Adapun tema yang diusung pada sosialisasi ini yakni Seroja Lansia Semanggi, seroja: sehat rohani jasmani, dan semanggi: semangat tinggi, Kamis, 26 September 2024 di Pantai Selatbaru Kecamatan Bantan.

Adapun kegiatan Alzi diawali dengan senam Alzi Bengkalis Ceria (ABC) oleh Relawan Alzi Bengkalis, kemudian, sarapan bersama, dilanjutkan penyuluhan 10 Tanda Demensia Alzheimer oleh Dokter Neurologi.

Kemudian aktivitas bermakna untuk otak yang diikuti siswa sekolah lansia dibagi menjadi 7 kelompok masing-masing kelompok 5 orang, dengan menyusun puzzle gambar, puzzle angka, puzzle kata kemudian teka teki santai.

Selanjutnya pemberian souvenir untuk pemenang aktivitas bermakna juga pemberian souvenir untuk siswa lansia.

Pada kesempatan itu, Koordinator Wilayah Bengkalis Alzheimer's Indonesia mengatakan Ns Diah Tantri Kusumaningtiyas, S.Kep, MKM berharap kepada seluruh lansia dan keluarga lebih mengetahui Alzheimer dan cara mencegah pikun dengan baik khususnya di Negeri Junjungan.

"Beberapa tahun yang lalu kami telah melakukan kunjungan kerja ke beberapa rumah menemukan orang yang terdiagnosa nyanyuk atau pikun lebih senang dirumah atau sama sekali tidak dibawa jalan-jalan, padahal orang pikun ini butuh dibawa jalan untuk berinteraksi dengan dunia luar," kata Tantri.

Selanjutnya Tantri menambahkan bagi masyarakat yang membutuhkan Informasi atau Rujukan mengenai Alzheimer bisa langsung hubungi Relawan Alzheimer Indonesia yang terdekat. 

"Semoga melalui hal positif ini masyarakat semakin tahu dengan Demensia Alzheimer dan dapat diminimalisir sedini mungkin," ujar Tantri.

Sebelumnya, pada Rabu kemarin Alzheimer's Indonesia Chapters Bengkalis menggelar sosialisasi demensia oleh dokter saraf (Neurologi) RSUD Bengkalis yang diikuti lansia Kecamatan Bengkalis di RSUD Bengkalis.

Hadir dalam acara, siswa sekolah lansia Insan Ghofur Rahim Desa Selat Baru Kecamatan Bantan, Kepala Sekolah Lansia Insan Ghofur Rahim, Siti Aminah, Kepala Desa Selat Baru Nendang Rahayu, Kepala Disdalduk KB yg diwakili Kepala Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Meitia Ariesanty, SKM.

Kemudian, dr. Yuri Zarita Khairi, Sp. Neurologi, Korwil Alzi Bengkalis Ners. Diah Tantri Kusumaningtiyas, S. Kep, MKM, Relawan Alzi Bengkalis, Koordinator dan Penyuluh KB Kecamatan Bantan Desi Trisna.

Tim Redaksi