Pencarian

Diskominfotik dan Bappeda Kabupaten Bengkalis Ikuti Sosialisasi Evaluasi Pelaksanaan SDI Tingkat Daerah

BENGKALIS – Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Bengkalis mengikuti Sosialisasi Evaluasi Pelaksanaan Satu Data Indonesia (SDI) Tingkat Daerah secara zoom meeting, Kamis19 September 2024, di Ruang Rapat Diskominfotik Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia dimulai sekitar pukul 09.15 WIB.

Setelah pembukaan  oleh MC dan menyanyikan lagu Indonesia Raya, terdapat arahan tentang Evaluasi Pelaksanaan SDI dalam Mendukung Perencanaan Pembangunan yang disampaikan oleh Erwin Dimas, Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan selaku Koordinator Forum SDI Sekretariat Satu Data Indonesia tingkat Pusat, Kementerian PPN/Bappenas.

Kegiatan ini diisi oleh dua orang narasumber dari Sekretariat SDI Kementerian PPN/Bappenas.  Dini Maghfirra, PhD, selaku Executive Director, memaparkan materi mengenai Penyelenggaraan Satu Data Indonesia untuk mendukung Implementasi Transformasi Digital Pemerintah, serta Prakosa Grahayudiandono, selaku Chief Data Officer, memaparkan materi tentang Sosialisasi Evaluasi Penyelenggaraan Satu Data Indonesia Tingkat Daerah.

Dalam pemaparan Executive Director Sekretariat SDI, Dini Maghfirra menyampaikan Tahun ini telah memperbarui (renew) Portal Satu Data dan melakukan kurasi data, banyak dataset yang ada tidak sesuai dengan prinsip Satu Data Indonesia.

"Kita akan melakukan renew portal Satu Data, karena banyak data yang tidak sesuai," kata Dini

Beliau juga menyampaikan terkait data yang awalnya adalah quantity, sekarang kita kejar kualitasnya, agar data kita betul-betul bisa digunakan untuk masyarakat.

Hadir di ruang Rapat Diskominfotik mengikuti zoom meeting ini Kepala Bidang Statistik dan Persandian Azmar, Fungsional Asip Alias Gholap dan beberapa staf Bidang Statistik dan Persandian Diskominfotik, sedangkan dari Bappeda, Dendi Henri, Suparman dan Eko Andayani.

Setelah mengikuti kegiatan sosialisasi ini, Azmar, Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfotik mengatakan bahwa Bappeda dan Diskominfotik akan melakukan pertemuan dalam waktu dekat untuk membahas tindak lanjut Evaluasi Pelaksanaan SDI dan hal-hal terkait Satu Data Kabupaten Bengkalis.

"Dalam waktu terdekat kita akan melakukan pertemuan untuk bahas evaluasi pelaksanaan SDI dan terkait satu Data ini," kata Azmar.

Mengikuti kegiatan melalui zoom meeting di Ruang Rapat Diskominfotik, merupakan kegiatan ketiga kalinya yang diikuti Diskominfotik bersama Bappeda dalam minggu ini. Dimana sebelumnya, Selasa, 17 September 2024, Sosialisasi Pedoman Penyelenggaraan Forum SDI Tingkat Pusat dan Daerah, dan Rabu, 18 September 2024, Rapat Koordinasi Satu Data Pemerintahan Dalam Negeri.#DISKOMINFOTIK

 

 

Tim Redaksi