Tingkat dan Optimalkan Penggunaan Dana Bermasa, Seluruh Pj. Kades/Lurah Bengkalis Ikuti Rakor Program Unggulan Bermasa 2024

Teks foto: Tingkat dan Optimalkan Penggunaan Dana Bermasa, Seluruh Pj. Kades/Lurah Bengkalis Ikuti Rakor Program Unggulan Bermasa 2024.

BENGKALIS - Dalam upaya meningkatkan serta mengoptimalkan penggunaan dana Bermasa, Pj. Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Bengkalis mengikuti rapat koordinasi tentang program unggulan Bermasa, Kamis 29 Agustus 2024, di ruang Dang Merdu Lantai IV Kantor Bupati Bengkalis.

Rakor ini, dibuka Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Ismail didampingi Sekretaris Syahrial dan Pejabat Fungsional Perencana dan Ahli Muda Bappeda Bengkalis Tatang Syahrial.

Dalam arahannya, Ismail berharap kepada seluruh Pj. Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Bengkalis supaya benar-benar memanfaatkan program dana Bermasa dengan sebaik-baiknya, muaranya untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bengkalis.

Program dana Bermasa ini, Ismail menjelaskan merupakan salah satu program unggulan Bupati Bengkalis Kasmarni dan Bagus Santoso, harus dilaksanakan dengan tepat, cepat dan bermutu. Karena dana Bermasa ini benar-benar diperuntukkan untuk membantu pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang ada di desa maupun kelurahan. Jadi harus diperhatikan dan dijalani dengan serius.

"Sekali lagi kami minta dan tegaskan kepada seluruh Pj. Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Bengkalis supaya dapat meningkatkan dan mengoptimalkan program unggulan dana Bermasa, demi kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bengkalis. Manfaatkan betul dana Bermasa dari Bupati Bengkalis Kasmarni dan Bagus Santoso untuk pemberdayaan masyarakat dan pembangunan desa maupun kelurahan,"tegas Ismail.

Selanjutnya Ismail meminta juga kepada seluruh pemerintahan desa/kelurahan se-Kabupaten Bengkalis untuk mendukung seluruh program unggulan Pemerintah Kabupaten Bengkalis maupun program nasional seperti, penanganan stunting, kemiskinan ekstrim dan inflasi.

"Mari kita bersama-sama menyukseskan program unggulan dana Bermasa Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Meskipun saat ini, penggunaan dana Bermasa sudah dilaksanakan secara baik, namun harus lebih ditingkatkan lagi secara konsisten dan komitmen. Sehingga keinginan Bupati Bengkalis Kasmarni untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bengkalis ini benar-benar terwujud,"ucap Ismail.

Lebih lanjut Ismail tegaskan kepada Pj. Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Bengkalis supaya mendokumentasi dan mempublikasikan segala kegiatan program unggulan dana Bermasa. Sehingga publik tahu kegiatan apa saja yang sudah dilakukan oleh pihak desa dan kelurahan dengan penggunaan dana Bermasa tersebut.

"Publikasikan semua kegiatan desa dan kelurahan, sehingga tidak ada lagi masyarakat Kabupaten Bengkalis bertanya kepada saya. Karena program dana Bermasa ini telah berjalan 3 tahun,"tegas Ismail.

Mewakili Camat se-Kabupaten Bengkalis, Camat Bantan Rafli Kurniawan mengatakan, berkaitan penggunaan dana Bermasa ini sangat membantu sekali pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan untuk meningkatkan sektor pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa maupun kelurahan.

Rafli juga menyebutkan bahwa program dana Bermasa ini, satu-satunya di Indonesia hanya ada di Kabupaten Bengkalis.

"Maka, mari bersama-sama kita dukung dan memanfaatkan dengan sebaik-baiknya program dana Bermasa ini untuk mensejahterakan masyarakat kita,"ajak Rafli.#DISKOMINFOTIK.