Berpakaian Adat Nusantara, Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Kecamatan Bukit Batu Jadi Sorotan

BUKIT BATU - Pelaksanaan upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Kantor Camat Bukit Batu menjadi sorotan sejumlah mata masyarakat. Pasalnya para peserta upacara menggunakan pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia, Sabtu, 17 Agustus 2024.

Pada momen peringatan kemerdekaan ini, seakan menjadi 'parade busana' pakaian adat, terkhusus melihat pakaian adat yang dikenakan oleh Camat Bukit Batu.

Pada momen ini, Camat Bukit Batu Acil Esyno menjadi inspektur Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia menggunakan pakaian adat lokal dari Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat. Sementara Ketua TP PKK Kecamatan Bukit Batu, Diana Rita H menggunakan baju adat Bulan Kurung Dayak Kalimantan Timur.

Lalu, Anggota DPRD Febriza Luwu menggunakan baju adat Dayat Kalimantan Barat, Kapolsek Bukit Batu dan istri menggunakan pakaian adat Betawi dari Provinsi DKI Jakarta.

Sedangkan Sekcam dan istri menggunakan baju adat Rote dari Provinsi Nusa Tenggara Timur, Lurah Sungai Pakning dan istri menggunakan baju adat dari Provinsi Nangroe Aceh Darussalam dan upacara ini diikuti  120 peserta dengan menggunakan baju adat Nusantara dari seluruh Indonesia.

Sebagai apresiasi dan menambah semangat kepada peserta yang menggunakan pakaian adat, Pemerintah Kecamatan Bukit Batu turut membuat perlombaan untuk pakaian adat yang digunakan peserta upacara dengan mencari 3 best costume pria dan 3 Best costume wanita dengan total hadiah sebesar Rp5 juta rupiah.

Dalam pidatonya, selaku Inspektur Upacara, Acil menyampaikan bahwa momen upacara 17 Agustus 2024 tahun ini sebagai simbol persatuan seluruh warga negara Indonesia khususnya masyarakat Kecamatan Bukit yang juga selaras dan sesuai dengan visi misi Bupati Bengkalis, Kasmarni.

Upacara berlangsung khidmat dari awal pelaksanaan hingga akhir dan Camat Bukit Batu mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta upacara maupun petugas Paskibraka yang telah sukses mengibarkan Bendera Merah Putih di Kecamatan Bukit Batu.

"Semoga momen peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 ini semakin memperkuat persatuan dan kekompakan kita dalam mendukung terwujudnya visi Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera, di bawah kepemimpinan Ibu Bupati Kasmarni," ucapnya.