TPAKD Perekonomian Setda Kabupaten Bengkalis Gelar Sosialisasi dan Capacity Building

BANTAN- Untuk memajukan dan memberi pelayananan yang baik bagi usaha Mikro, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Bengkalis menggelar Sosialisasi dan Capacity Building Pengguna Qris Ekonomi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Selasa, 9 Juli 2024, di Gazebo Utama Pantai Indah Selat baru.

Diikuti 40 peserta pelaku usaha mikro UMKM, kegiatan ini dibuka oleh Bupati Bengkalis diwakili Kabag perekonomian Setda Kabupaten Bengkalis, H. Khairi Fahrizal.

Dalam sambutannya, Bupati Bengkalis menyambut baik dengan dilaksanakannya sosialisasi Capacity Building TPAKD ini sebagai sarana untuk dapat meningkatkan kapasitas dan capaian target indeks inklusif keuangan tahun ini.

Selain itu, Bupati Bengkalis Kasmarni juga menegaskan kepada TPAKD untuk tetap dapat mengejar target dari tujuh program kerja TPAKD yang telah disusun, agar masyarakat dapat merasakan secepatnya dampak dari seluruh program kerja TPAKD Kabupaten Bengkalis tahun 2024.

"Target kita ketujuh program tersebut harus mencapai 100% (persen), agar peran Pemerintah dalam memastikan literasi dan inklusi keuangan di Kabupaten Bengkalis terlaksana dengan optimal". Tegas Kasmarni

Kasmarni juga berharap TPAKD Kabupaten Bengkalis dapat lebih termotivasi dalam mengimplementasikan seluruh program kerja TPAKD  secara optimal terhadap target-target capaian yang telah dirumuskan.

"Kami berharap TPAKD dapat lebih termotivasi dan siap mengimplementasikan seluruh program kerja dan dapat menyelaraskan target capaian"
harapnya.

Sosialisasi ini ditujukan kepada pelaku usaha mikro UMKM yang berada  di sepanjang jalur Pantai Indah Selat Baru dengan tujuan agar disaat pengunjung dari luar maupun dalam daerah yang datang bisa membayar tidak hanya menggunakan uang tunai akan tetapi juga bisa melalui Qris.

Kegiatan ini menghadirkan 2 Narasumber dari Lembaga Perbankan Kabupaten Bengkalis, Pimpinan cabang Bank BRK Syariah Bantan, Nofri Suyono dan Pimpinan cabang Bank MANDIRI Bengkalis, Markos Lumbantoruan.

Saat acara berlangsung, pelaku usaha UMKM yang belum menggunakan Qris langsung didaftarkan dan diambil data oleh petugas perbankan yang ada dilokasi acara.

Pembuatan Qris untuk para pelaku usaha UMKM ini dibagi beberapa kelompok yang dipandu oleh Kepala Pimpinan Cabang Bank BRKS Kecamatan Bantan.

Diakhir sambutannya, Kabag perekonomian Setda Kabupaten Bengkalis berharap agar pelaku usaha mikro UMKM bisa menggunakan Qris untuk transaksi pembayaran.

"Kami berharap semua pelaku usaha UMKM sudah bisa menggunakan Qris yang merupakan tujuh program TPAKD Kabupaten Bengkalis." harap Khairi

Hadir dalam acara ini Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Bengkalis, H. Khairi Fahrizal, Kepala UPTD. Pengelolaan Wisata Kecamatan Bantan, Chandra, Kepala UPT. Pengelolaan sampah Kecamatan Bantan, Suprapti, Kepala UPT. Perlindungan Konsumen dan Pengembangan Industri Kecil Menengah Kecamatan Bantan, Harmadayanti dan peserta pelaku usaha UMKM Pantai Indah Selat baru.#DISKOMINFOTIK