Buka Sosialisasi Rumah Sehat dan Layak Huni, Bupati Kasmarni Minta Peran Tim Penggerak PKK Cegah Tumbuh Kawasan Kumuh

Teks foto: Buka Sosialisasi Rumah Sehat dan Layak Huni, Bupati Kasmarni Minta Peran Tim Penggerak PKK Cegah Tumbuh Kawasan Kumuh.

RUPAT UTARA - Bupati Bengkalis Kasmarni berharap peran Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis mampu mencegah tumbuh kembangnya kawasan permukiman kumuh, dalam rangka mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah Maju dan Sejahtera.

Harapan itu disampaikan Bupati Kasmarni saat membuka sosialisasi peningkatan kesadaran keluarga dalam mewujudkan rumah sehat dan layak huni serta kesadaran hukum tentang kepemilikan rumah.

Sosialisasi dibuka Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Camat Rupat Utara Aulia Fikri, Kamis 27 Juni 2024, bertempat di Shafa Resort Rupat Utara.

Dalam arahan tertulis Bupati dibacakan Camat Rupat Utara Aulia Fikri mengatakan,kriteria rumah sehat dan layak dihuni dapat dimaknai dengan tempat tinggal keluarga dengan dukungan fasilitas lingkungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar, mulai dari air bersih, penerangan, sanitasi saluran pembuangan limbah, serta aman bagi aktivitas penghuninya.

Selanjutnya Bupati berharap sosialisasi yang digelar Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bengkalis dapat memberikan pengetahuan dan meningkatkan kesadaran keluarga dalam mewujudkan rumah sehat dan layak huni serta kesadaran hukum tentang kepemilikan rumah.

"Rumah bukan hanya sebagai tempat berlindung, juga sebagai tempat pembinaan keluarga dan memperhatikan kesehatan penghuninya, baik jasmani maupun rohani. Sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam Keputusan Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah Nomor 403 tahun 2002, tentang Pedoman Teknis Pembangunan Rumah Sederhana Sehat,"jelas Bupati.

Kasmarni mengatakan, rumah sehat dan layak huni bukan berarti harus rumah mewah, tetapi terawat, senantiasa memperhatikan kesehatan, tidak terbuat dari bahan-bahan yang dapat melepaskan zat-zat yang membahayakan, penataan ruangan, pencahayaan yang cukup, kualitas dan kuantitas udara yang baik, pengelolaan limbah yang baik, serta perilaku penghuninya.

"Kami mengajak kepada kita semua yang hadir saat ini, untuk mengikuti kegiatan sosialisasi dengan serius. Agar setelah kita memahaminya, kita dapat meneruskan dan mensosialisasikannya, supaya masyarakat mengetahui dan menerapkannya, demi terwujudkan keluarga sehat, serta salah satu upaya kita bersama untuk menata dan meningkatkan kualitas kawasan permukiman yang baik,"ajak Bupati.

Sementara itu Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bengkalis diwakili Kepala Bidang Perumahan Kawasan dan Permukiman (PKP) Elkhusairi mengatakan, rumah sehat dan layak huni tanpa peran Ibu Tim Penggerak PKK se- Kecamatan Kabupaten Bengkalis tidak akan pernah terwujud.

Untuk itu, lanjut Elkhusairi mengatakan,Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bengkalis hari ini melakukan sosialisasi tentang peningkatan kesadaran keluarga dalam mewujudkan rumah sehat dan layak huni serta kesadaran hukum tentang kepemilikan rumah.

"Melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat mewujudkan rumah sehat dan layak huni di Kabupaten Bengkalis. Kami juga berharap kepada seluruh peserta Tim Penggerak PKK se- Kecamatan Kabupaten Bengkalis mampu memberi informasi kepada masyarakat tentang standar rumah sehat dan layak huni"harapan Elkhusairi.

Sosialisasi rumah sehat dan layak huni,  menghadirkan narasumber dari Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera III Rajab Yusuf Sari, menyampaikan materi tentang teknis rumah sehat dan layak huni.

Kemudian Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis Efrina Dewi, menyampaikan materi tentang rumah sehat dan layak huni. Sosialisasi ini diikuti Tim Penggerak PKK 11 Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis.

Acara berlangsung meriah dan antusias oleh peserta sosialisasi, kegiatan ditutup dengan tanya jawab dan kuis berhadiah.

Tampak hadir, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bengkalis diwakili Ketua Pokja III Kuwanto dan Kepala Dinas Perumahan, Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Bengkalis diwakili Kepala Bidang Perumahan Kawasan dan Permukiman (PKP) Elkhusairi.#DISKOMINFOTIK.