Dihadapan Bupati Kasmarni, Harpi Melati Sampaikan Keinginan Patenkan Rangkaian Upacara Pernikahan Adat Melayu

BENGKALIS - Bupati Kasmarni menerima Audiensi dan silaturahmi  Himpunan Ahli Rias Pengantin Indonesia “Harpi Melati” Selasa, 25 Juni 2024 di Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Harpi Melati Elinawati menyampaikan tujuan silaturahmi ingin menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bengkalis serta keinginan untuk mematenkan rangkaian upacara pernikahan Adat Melayu.

Pembakuan tata rias upacara adat istiadat pernikahan pengantin melayu Bengkalis itu dimulai baik dari segi pakaian, aksesoris, tata rias dan tata cara adat istiadatnya agar seragam dan sesuai ketentuan.

“Dalam keinginan pembakuan ini kami masih mengalami beberapa, salah satunya mendatangkan koligium dari pusat yang telah di tunjuk oleh Kemendikbud untuk Harpi Melati”, ujarnya.

Elinawati berharap dengan pertemuan ini Pemkab Bengkalis dapat memberikan solusi agar apa yang menjadi tujuan dari Harpi Melati bisa terlaksana.

Menangapi apa yang disampaikan Ketua Harpi Melati, Bupati Bengkalis Kasmarni tentunya menyambut baik usulan untuk pembakuan terhadap tata rias di Bengkalis sesuai denan adat istiadat Melayu yang berlaku.

“Tentunya ini harus kita dudukan dengan pemangku adat atau Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis dan pemangku kepentingan lainnya yang berkaitan dengan rias pengantin,” jelas Bupati.

Disampaikan Bupati Kasmarni, Pemkab Bengkalis sangat mendukung ketika budaya ingin dilestarikan di Negeri Junjungan.

Oleh karenanya, Pemkab Bengkalis melalui Perangkat Daerah terkait siap mempermudah jalannya agar warisan budaya Melayu di tanah Melayu Kabupaten Bengkalis tetap kental tidak punah tergerus zaman.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa di Kabupaten Bengkalis terdapat banyak suku, dan antara suku tersebut banyak melakukan pernikahan beda suku, tentu dari pihak keluarga selalu mempertahankan adat istiadat dengan suku mereka masing-masing, dan ini juga akan menjadi pertimbangan bersama,” lanjutnya.

Turut hadir dalam audiensi itu, Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Sumber Daya Manusia Johansyah Syafri, Kepala Dinas (Kadis) Kominfotik Suwarto, Kadis PPA Emilda Susanti, Kadis Ketahanan Pangan Susi Hartati, Kadis Dagperin Zulpan, Kadis Sosial Paulina, Kaban Kesbangpol Agus Sofyan, Kepala Bagian (Kabag) Kerjasama Dian Rachmadany, Kabag Prokopim Syafrizal dan Kabag Umum Kevin Rafizariandi. #DISKOMINFOTIK