Pencarian

Launching Kartu KBS Terintegrasi, Bupati Kasmarni Ingin Beri Perlindungan Sosial Bagi Masyarakat di Negeri Junjungan

BENGKALIS - Senin, 24 Juni 2024, di Balai Kerapatan Wisma Daerah Bengkalis, Bupati Kasmarni meluncurkan (launching) pengembangan program Kartu Bengkalis Sejahtera (KBS) Terintegrasi pada kegiatan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Otonom, Bantuan Pangan Lanjut Usia, Bantuan Pangan Penyandang Disabilitas, dan Bantuan Pangan Anak Terlantar.

Peluncuran ini ditandai dengan menyerahkan Kartu KBS Terintegrasi oleh Bupati Kasmarni didampingi Wabup Bagus Santoso kepada penerima manfaat dan kepada Camat se-Kabupaten Bengkalis secara simbolis. 

Bupati Kasmarni menjelaskan, Kartu KBS adalah kartu QR yang berisikan data keluarga penerima manfaat dan uang virtual, yang nantinya akan diserahkan kepada 16.803 keluarga penerima manfaat se-Kabupaten Bengkalis, baik KPM BPNT otonom, KPM lanjut usia, KPM penyandang disabilitas dan KPM anak terlantar.

Tujuannya, sambung Kasmarni, untuk mempermudah penerima manfaat dalam melakukan transaksi/belanja kebutuhan pangan di kedai Bermasa yang telah ditetapkan di setiap desa serta kelurahan dengan menggunakan aplikasi Siyap Bermasa.

"Kartu KBS ini merupakan upaya kami dalam membuat sistem yang mampu memberikan kemudahan kepada KPM untuk melakukan transaksi dalam menunjang pencapaian sasaran program dan kegiatan pemerintah dengan memperhatikan asas keadilan, kepatutan, rasionalitas dan manfaat, sehingga pemberian bantuan sosial menjadi lebih baik, akurat, valid dan tepat sasaran," ungkap Bupati.

Saat ini Kartu KBS baru melayani KPM BPNT otonom, KPM lanjut usia, KPM penyandang disabilitas dan KPM anak terlantar, kedepan, Bupati berharap, seluruh jenis bantuan sosial maupun hibah yang ada disetiap perangkat daerah bisa terintegrasi dalam satu kartu KBS.

"Kepada KPM penerima Kartu KBS, kami berharap agar benar-benar dapat memanfaatkan kartu ini dengan baik sesuai peruntukannya. karena ini merupakan bentuk perhatian dan komitmen kami untuk memberikan perlindungan sosial," pesan Bupati.

Selain menyerahkan Kartu KBS, Bupati Kasmarni juga menyerahkan bantuan untuk korban kebakaran rumah, bantuan paket sembako serta bantuan pendidikan kepada masyarakat Kabupaten Bengkalis melalui Baznas Kabupaten Bengkalis.

"Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Bengkalis, melalui program Baznas Peduli telah menyalurkan sejumlah bantuan, semoga Baznas dapat terus bersinergi dengan kami Pemkab Bengkalis dalam membangun masyarakat dan daerah ini," pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini Pimpinan DPRD Bengkalis Sofyan, Kapolres Bengkalis diwakili Kabag Ren Polres Bengkalis Kompol Fridolin, Dandim 0303 Bengkalis diwakili Kasdim 0303 Bengkalis Mayor Arh Sudiyono, Kajari Bengkalis diwakili Kasi Intel Kejari Bengkalis Herdianto, Plh. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Bengkalis Insan Sriwati, Kepala Dinas Sosial Bengkalis Paulina, Para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Para Camat se-Kabupaten Bengkalis, dan Ketua Baznas Bengkalis Ismail, serta sejumlah Tokoh Masyarakat di Bengkalis.#DISKOMINFOTIK

Tim Redaksi