Silaturahmi dan Pagelaran Grup Yong Dolah, Bupati Kasmarni Sebut Dukung Bangkitnya Seni Budaya Melayu

MANDAU - Upaya pelestarian seni, budaya dan adat istiadat melayu kepada masyarakat, terutama kepada generasi muda di Negeri Junjungan tentunya harus terus dilakukan. Mengingat, saat ini, masih banyak generasi muda, para generasi melayu penerus masa depan, lebih tergiur pada budaya dan kesenian modern yang membuat lupa bahkan meninggalkan seni dan budaya daerah warisan para nenek moyang.

Oleh karenanya silaturahmi dan pagelaran budaya melayu Grup Yong Dolah se-Asia di Balai Adat Duri Ahad, 23 Juni 2024 disebut Bupati Bengkalis Kasmarni dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Bustami HY mendukung bangkitnya seni budaya melayu Riau dan Bengkalis secara umum dalam upaya bersama mendukung terwujudnya Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera (BERMASA).

“Ini menjadi ajang mengenang kembali jasa sosok tokoh melayu Bengkalis Yong Dolah, bernama asli Abdullah Bin Endong. Selama ini terkenal dan telah banyak melahirkan karya seni sastra lisannya terkait kehidupan masyarakat melayu dan globalisasi,” pungkasnya.

Bupati bergelar adat Seri Perdana Payung Negeri ini meyakini, didalam seni, budaya dan adat istiadat melayu, memiliki sejuta makna serta mengandung nilai luhur kehidupan yang bisa dijadikan sebagai landasan dalam kehidupan sosial masyarakat. Baik dalam hal kepemimpinan, etika dan perilaku maupun kearifan lokal lainnya, baik melalui petuah, cerita lisan, senandung lagu maupun pesan kehidupan yang telah dituliskan.

“Menindak lanjuti hal tersebut, makanya dalam visi daerah, yakni mewujudkan Kabupaten Bermarwah, Maju dan Sejahtera, salah satu misi kami adalah mewujudkan penguatan nilai-nilai budaya melayu menuju masyarakat yang berkarakter. Karena kami ingin kedepannya, kita dapat bersama mengembangkan nilai budaya melayu yang menjadi pegangan dalam menciptakan kehidupan yang harmonis, damai, dan kondusif ditengah-tengah masyarakat Negeri Junjungan,” ucapnya.

Untuk itu, lanjut Bustami HY, mari kita jaga negeri ini agar seni dan budaya melayunya tetap teguh sampai keanak cucu dan generasi-generasi selanjutnya.

Sementara bagi Grup Yong Dolah serta penggiat dan pelaku seni, budaya dan adat istiadat melayu, Bupati Kasmarni mengajak untuk terus berkreasi, berekspresi dan berinovasi, dalam memberdayakan, mengembangkan serta memasyarakatkan adat istiadat, seni serta budaya melayu ditengah-tengah masyarakat.

Turut hadir Ketua Grup Yong Dolah Yung Yuli Pandi berserta anggota, Lagenda Lagu Rakyat Asia Tenggara Tuan Roslan Madon dan tamu undangan lainnya. #DISKOMINFOTIK