Bupati Bengkalis Sambut Kunker Kakanwil DJPb Riau, Pengelolaan Keuangan Dinilai Bagus

BENGKALIS - Bupati Bengkalis Kasmarni, diwakili Sekretaris Daerah dr. Ersan Saputra menerima Kunjungan Kerja (Kunker) Kepala Kanwil DJPb Provinsi Riau, Heni Kartikawati, di Ruang Rapat Sekda, Senin, 20 Mei 2024.

Melalui Kunker Kakanwil DJPb Riau itu, Sekda berharap dapat semakin mempererat komunikasi dan koordinasi yang telah terbangun baik selama ini, terutama dalam meningkatkan sinergitas, kerjasama serta kekompakan dalam pengelolaan keuangan.

"Melalui pertemuan siang ini juga kami sangat mengharapkan bantuan, bimbingan serta tunjuk ajar dari Kakanwil DJPb Provinsi Riau, terhadap pengelolaan keuangan daerah, dalam mendukung terwujudnya visi Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera," sebut Sekda.

Sekda juga menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis siap mendukung setiap kebijakan dan program Dirjen Perbendaharaan, termasuk dengan pengelolaan APBN dan APBD, mulai dari serapan anggaran, permasalahan, hingga pengelolaanya, agar output yang dihasilkan dari kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan bisa menyentuh langsung pada kepentingan publik yang berujung pada peningkatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

"Kami sampaikan juga terkait peningkatan pendapatan asli daerah. Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus berupaya menggali potensi-potensi pajak dan retribusi daerah dalam mengoptimalkan PAD serta mengoptimalkan peran BUMD," ungkapnya.

"Oleh karenanya, melalui kesempatan ini, kami sangat mengharapkan saran, masukan serta bimbingan nantinya dari ibu kakanwil beserta rombongan, agar kedepannya pengelolaan keuangan daerah kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis menjadi lebih baik sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dan kami juga dapat menerima masukan serta kiat-kiat dalam meningkatkan PAD. Agar daerah kami kedepannya dapat lebih maju dan sejahtera," tambah Sekda.

Sementara Kakanwil DJPb Provinsi Riau, Heni Kartikawati pada kesempatan itu menyebutkan bahwa Kunker yang dilakukan adalah untuk memperkuat koordinasi dan mendapatkan informasi dari apa yang menjadi kendala daerah untuk kemudian dapat ditindaklanjuti.

"Kita berharap pengelolaan keuangan negara di kabupaten/kota dapat berjalan dengan baik dan sesuai regulasi. Maka kita menginginkan koordinasi dan komunikasi yang baik dari seluruh daerah termasuk Kabupaten Bengkalis," ujar Kakanwil DJPb Riau.

Beliau menyebutkan bahwa Kabupaten Bengkalis selama ini dinilai cukup bagus dalam pengelolaan keuangan negara dan dapat dinyatakan hampir tidak ada masalah.

"Namun kami sampaikan bahwa memang sejak April kemarin terjadi kondisi keuangan yang belum maksimal, sehingga realisasi keuangan menjadi sedikit terhambat dan belum optimal. Tetapi kami akan tetap berkoordinasi dengan pemerintah pusat agar kondisi ini dapat segera stabil dan realisasi keuangan dapat dilaksanakan," pungkasnya.

Dikesempatan itu, juga turut dilakukan diskusi-diskusi terkait keuangan daerah maupun regulasi keuangan untuk pelaksanaan program-program kegiatan di tahun 2024 ini.

Turut mendampingi Kakanwil DJPb Provinsi Riau dalam kesempatan tersebut, Kepala KPPN Dumai, Sukirno dan sejumlah anggota lainnya.

Sementara pejabat yang turut mendampingi Sekda Bengkalis, dalam Kunker Kakanwil DJPb Provinsi Riau tersebut, diantaranya, Kepala Bappeda, Rinto, Kepala BPKAD, H Already, Kepala Bapenda, Syahrudin, Pembantu Inspektur III, Maula Afrizal dan sejumlah pejabat lainnya.