Desa Sungai Nibung Siak Kecil Jalani Sesi Wawancara Kampung Keluarga Berkualitas Tingkat Nasional

BENGKALIS - Sebelumnya Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Desa Sungai Nibung, Kecamatan Siak Kecil dinobatkan sebagai terbaik pertama se-Provinsi Riau tahun 2024. Penobatan terbaik ini, mengantarkan Desa Sungai Nibung menjadi duta Provinsi Riau di level Nasional.

Dalam proses seleksi tingkat Nasional ini  telah dinyatakan masuk kedalam 5 besar Kampung KB terbaik untuk Regional I yang terdiri dari Jawa, Sumatera dan Bali.

Tahapan selanjutnya Senin, 29 April 2024 dilakukan presentasi dan wawancara secara online (daring) antara Kelompok Kerja Kampung KB Sungai Nibung dengan Dewan Juri di Jakarta.

Presentasi yang dilaksanakan di Kantor Camat Siak Kecil dilakukan oleh Ketua Pokja Kampung KB Sungai Nibung Prayetno, didampingi oleh Camat Siak Kecil Syahnan Adykusuma, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkalis yang diwakili Sekretaris Hj. Akna Juita, Kepala Bidang P4 DPPKB Kabupaten Bengkalis Ners. Mairina, PejabatPenata Kependudukan dan Keluarga Berencana Ahli Madya BKKBN Perwakilan Provinsi Riau Irmayani, Kepala Puskesmas Sadar Jaya Dr. Rolas James S, Penyuluh KB Kecamatan Siak Kecil Desthy Nur Ainun Isnaini, Ketua PPKBD serta para Kader BKB, BKR, BKR, UPPKA Sungai Nibung.

Dalam presentasinya Ketua Pokja Kampung KB Sungai Nibung memaparkan tentang keberhasilan Kampung KB Sungai Nibung dalam mengubah perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) masyarakat di Sungai Nibung dengan inovasi yang diberi nama Jas Besti (Jamban Sehat Bebas Stunting), juga keberhasilan dalam menurunkan kasus stunting pada balita dengan inovasi Kata Bumil (Makanan Tambahan Ibu Hamil) serta Gemar Mancing (Gerakan Makan Telur dan Ikan untuk Cegah Stunting).

Hj. Akna Juita mewakili Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Bengkalis menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pj.Kepala Desa Sungai Nibung, Ketua Pokja Kampung KB Sungai Nibung, Ketua PPKBD, Ketua BPD, Para Kader BKB, BKR, BKL, UPPKA Desa Sungai Nibung, Camat Siak Kecil, Kepala Puskesmas Sadar Jaya, Petugas Poskesdes Sungai Nibung, serta Ibu Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau yang telah banyak memberikan bimbingan dan arahan untuk kesuksesan Kampung KB Sungai Nibung.

Sementara itu Camat Siak Kecil, Syahnan Adykusuma, mengharapkan kepada Ketua dan anggota Pokja Kampung KB Sungai Nibung untuk tidak berpuas diri dan terus berbenah serta membuktikan bahwa Kampung KB Sungai Nibung memang bisa menjadi rujukan dan contoh Kampung Keluarga Berkualitas di Kabupaten Bengkalis bahkan di Provinsi Riau.  

Kampung Keluarga Berkualitas merupakan satuan wilayah setingkat desa, dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga, dan masyarakat melalui intervensi program dan kegiatan dengan pendekatan siklus.

Pembentukan Kampung Keluarga Berkualitas memberikan banyak sekali manfaat bagi masyarakat dalam seluruh dimensi dan tahapan kehidupannya, mulai dari bayi, anak-anak, remaja, orang tua hingga lanjut usia melalui kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh kelompok kegiatan seperti BKB (Bina Keluarga Balita), BKR (Bina Keluarga Remaja), BKL (Bina Keluarga Lansia), PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja), UPPKA (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Akseptor) serta RDK (Rumah Dataku). #DISKOMINFOTIK