Buka Rakor Penyuluh Agama, Bupati Harapkan Keberadaan Da'i Ditonjolkan

BENGKALIS - Bupati Bengkalis Kasmarni mengharapkan keberadaan penyuluh Agama Islam atau Da'i di Kecamatan Bengkalis agar selalu mengukur pencapaian pelaksanaan tugas serta fungsi penyuluh agama dalam pelaksanaan sesuai dengan yang telah di amanahkan.

Hal itu disampaikan Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Manusia dan Kemasyarakatan, Johansyah Syafri ketika membuka rakor tugas dan fungsi penggiat/penyuluh Agama Islam Desa dan Kelurahan serta Koordinator Kecamatan Bengkalis, Rabu, 13 Maret 2024 di ruang rapat lantai 2 Kantor Bupati Bengkalis.

Johan berharap melalui forum yang dilaksanakan dapat memberikan saran dan masukan sekaligus solusi dalam memperbaiki setiap kekurangan kendala dari pelaksanaan tugas fungsi penyuluh agama lapangan.

"Melalui forum ini kami minta koordinator Kecamatan dapat melaporkan tugas serta fungsi penyuluh agama yang telah dilaksanakan, sejauh mana tingkat keberhasilan dilapangan, kami minta laporan jangan di karang-karang harus objektif dan akuntabel," tegas Johan.

Selanjutnya Johan memaparkan keberadaan penyuluh di Desa dan Kelurahan diharapkan dapat menjadi agen of change atau membawa perubahan kehidupan masyarakat yang lebih baik, berkarakter dan berintegritas serta sejahtera baik materi maupun spirit harus meningkat.

"Kita melihat melalui aktifitas penyuluh sesuai rugas dan fungsi diharapkan bisa menyentuh, mengunggah serta menggerakkan kehidupan masyarakat yang belum signifikan," ujarnya.

Johan memaparkan ketika Bupati Bengkalis turun ke masyarakat justru di dua tahun keberadaan penyuluh dan penggiat agama masih ada masyarakat yang tidak mengetahui dan mengenali siapa penyuluh agama di desa.

"Artinya dengan orangnya saja masyarakat tidak kenal, apalagi dengan tugas serta fungsi penyuluh agama yang secara otomatis program dan kebijakan Pemerintah Daerah juga tidak pernah tersampaikan kepada masyarakat," ujarnya.

Selanjutnya Johan menekankan kepada penyuluh agama agar dapat ditonjolkan keeradaannya dan berperan aktif dalam pembangunan di Negeri Junjungan khususnya dibidang keagamaan dan pembangunan dengan memberikan pencerahan agama dalam mewujudkan Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah Maju dan Sejahtera. #DISKOMINFOTIK.