Pelatihan Usaha Kreatif Produk Daerah, Upaya Pemkab Bengkalis Tingkatkan Wawasan Pelaku UMKM

PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis menggelar Pelatihan Usaha Kreatif Produk Daerah, hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya meningkatkan wawasan pelaku UMKM di Negeri Junjungan.

Pelatihan yang diinisiasi Dinas Koperasi UKM ini dipusatkan di salah satu hotel di Pekanbaru, Senin 4 Maret 2024.

Saat membuka pelatihan, Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Johansyah Syafri menyebutkan Kabupaten Bengkalis memiliki sejumlah potensi yang dapat dikembangkan, karena masing-masing daerah, memiliki produk serta keunikan produknya tersendiri. 

Namun, karena masih minimnya inovasi, promosi dan kreatifitas dari para pelaku UMKM, membuat segala potensi yang dimiliki sulit untuk maju dan berkembang, apa lagi untuk dapat bersaing secara global.

Pembinaan dan pengembangan UMKM akan terus dilakukan dengan berbagai macam strategi, salah satunya melalui pelatihan usaha kreatif produk daerah karena pelatihan ini membawa visi untuk melahirkan para wirausahawan yang mampu mengangkat potensi daerah yang memiliki kearifan lokal guna menghasilkan produk yang berkualitas dan dapat bersaing di pasar nasional maupun global.

Pemkab Bengkalis juga bertekad untuk terus memperkuat dan menonjolkan aspek keunggulan yang melekat pada produk daerah, baik karena bahan bakunya, ciri khasnya, keunikannya, tradisinya, kearifan lokalnya maupun reputasinya. 

Diyakini Johan, melalui pelaksanaan kegiatan pelatihan usaha kreatif produk daerah ini para pelaku usaha dapat meningkatkan kompetensinya, sehingga mampu berinovasi dan bersaing dalam menghasilkan, mempromosikan maupun memasarkan produk-produk yang dihasilkan, sehingga akan berdampak pada peningkatan pendapatan dan kesejahteraan para pelaku UMKM.

Lisa Mardiani selaku ketua panitia menyampaikan kegiatan pelatihan usaha kreatif produk daerah ini untuk membantu usaha UMKM Kabupaten Bengkalis kemudian menambah wawasan bagi pelaku UMKM dan selanjutnya membantu UMKM dalam menciptakan lapangan baru.

Selain Johansyah Syafri, kegiatan ini dihadiri Kepala UPT dan Pelatihan Koperasi dan UMKM Provinsi Riau Mursidik, Kepala UPT PLUT KUMKM Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Provinsi Riau Theresiana Anom Sari, Narasumber PLUT KUMKM Provinsi Riau Sudiarno Tamba, Narasunber dari Bank BRI Provinsi Riau Vico Axnur. #DISKOMINFOTIK