HUT 105 Damkar Nasional, Wabup Harapkan Petugas Semakin Profesional Lindungi Masyarakat

Teks foto: Wabup Bagus Santoso ketika menyalami Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

SURABAYA - Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Wakil Bupati H Bagus Santoso bersama Kepala Dinas Pemadaman Kebakaran Bengkalis, Alfakhrurrazy mengikuti Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional, di Halaman Kodam V/Brawijaya, Surabaya, Jumat, 1 Maret 2024.

Upacara yang diikuti sekitar 1.050 peserta dari Damkar seluruh Indonesia ini diharapkan mampu meningkatkan profesionalisme petugas damkar untuk melindungi masyarakat, sebagaimana tema yaitu, “Profesionalisme Aparatur Pemadam dan Penyelamatan untuk Melindungi Seluruh Masyarakat”.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis kita mengucapkan selamat HUT ke-105 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Nasional. Semoga profesionalisme selalu terus terbentuk dan terpatri dalam diri petugas Damkar, khususnya di Kabupaten Bengkalis," ujar Wabup Bagus Santoso usai mengikuti upacara.

Wabup juga mengungkapkan sebagaimana arahan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, ketika menjadi inspektur upacara, berharap semangat para kesatria Pemadam Kebakaran harus tetap berkobar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

"Wilayah Kabupaten Bengkalis kita, memiliki dua unsur yang menjadi poin penting dalam peran sebagai seorang Damkar, selain bertindak sebagai penyelamat kebakaran untuk pemukiman, petugas Damkar juga haru siap jika sewaktu-waktu diperlukan untuk penyelamatan lahan yang terbakar, mengingat wilayah kita sangat rentan terjadinya Karlahut," sebut Wabup.

Mengingat peran petugas dengan semboyan 'pantang pulang sebelum api padam' ini cukup berat, Wabup juga berharap agar seluruh lapisan masyarakat dapat bersama-sama menjaga lingkungan dari musibah atau bencana seperti kebakaran rumah maupun lahan.

"Kita semua tetap harus saling menjaga lingkungan sekitar kita agar tetap aman, kondusif dan dapat bersama mencegah hal-hal yang menimbulkan bencana, khususnya seperti kebakaran rumah," pesan Wabup.

"Sekali lagi kami ucapkan selamat HUT ke 105 Damkar dan Penyelamatan Nasional, semoga semua insan damkar tetap selalu solid dan semangat dalam menjalankan tugasnya secara profesional," pungkasnya.

Wabup juga berkesempatan menyalami Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian sesaat usai mengikuti rangkaian kegiatan tambahan pasca upacara, dan menyampaikan salam takzim dari Bupati Bengkalis Kasmarni.

Sementara itu, Kepala Dinas Damkar, Alfakhrurrazy, menyebutkan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga akan melakukan upacara peringatan HUT Damkar pada 4 Maret 2024 mendatang, di halaman Kantor Bupati Bengkalis.

"Insya Allah kita akan melakukan upacara HUT ke-105 damkar sesuai arahan Mendagri. Dan nanti Insya Allah Ibu Bupati Kasmarni yang langsung akan bertindak sebagai inspektur upacara," ujar Alfakhrurrazy.

Turut serta mendampingi Wabup dan Kepala Dinas Damkar dalam mengikuti Upacara HUT ke-105 Damkar dan Penyelamatan kala itu, Sekretaris Damkar, Rusmali, Sekretaris Diskominfotik, H Adi Sutrisno, Kabid Pengendalian Operasional, Sarana Prasarana dan Penyelamatan Damkar, Syamsul Rizal, Kasi Pencegahan dan Penyuluhan Kebakaran, Mulyadi dan Kasi Sarana Prasarana Kebakaran, Syafrizam.