DEMA STAIN Bengkalis Ajak Pemilih Pemula Salurkan Hak Pilih dan Tolak Politik Uang

BENGKALIS - Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis, Sarifah Aini, mengajak masyarakat yang memiliki hak pilih terkhusus pemilih pemula untuk menyalurkan hak pilihnya pada tanggal 14 Februari 2024.

Menurutnya, sebagai agen perubahan di tengah-tengah masyarakat, mahasiswa memiliki peran penting dalam mengawal proses demokrasi, termasuk dalam pelaksanaan Pemilu.

"Hari Rabu, 14 Februari besok kita akan menentukan pilihan dalam pesta demokrasi, karena itu kita salurkan hak pilih, datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan mari kita tolak praktik politik uang (money politik)," ungkap Aini, Senin, 12 Februari 2024.

Aini menjelaskan saat ini tahapan pemilu masuk sudah masuk dimasa tenang, artinya sudah tidak ada aktivitas kampanye lagi. Masa tenang ini seharusnya menjadi momentum bagi masyarakat untuk mempertimbangkan pilihan mereka dengan bijak tanpa adanya tekanan politik atau intervensi dari pihak tertentu.

Namun, sambungnya Aini, dimasa tenang ini, ada potensi terjadinya praktik politik uang yang dilakukan oleh oknum tertentu.

"Praktik politik uang yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab dapat merusak proses demokrasi yang seharusnya bersih dan adil. Oleh karena itu, kami berharap masyarakat dapat menolak praktik politik uang. Kami juga berharap KPU, Bawaslu dan aparat keamanan dapat meningkatkan pengawasan untuk mencegah dan menindak tegas praktik politik uang yang merugikan proses demokrasi," harap Aini.#DISKOMINFOTIK