Jelang Pemilu, Wabup Bengkalis Ajak Semua Pihak Tingkatkan Koordinasi dan Kolaborasi Penanganan Karhutla dan Banjir

Teks foto: Jelang Pemilu, Wabup Bengkalis Ajak Semua Pihak Tingkatkan Koordinasi dan Kolaborasi Penanganan Karhutla dan Banjir.

BENGKALIS - Wakil Bupati Bengkalis DR. H. Bagus Santoso mengajak kepada semua pihak untuk saling meningkatkan koordinasi dan kolaborasi terhadap penanggulangan bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) dan Banjir dalam rangka menyambut pesta pemilu serentak 2024 di Kabupaten Bengkalis.

Demikian hal itu disampaikan saat membuka Rapat Koordinasi tentang Penanggulangan Bencana Karhutla dan Banjir Kabupaten Bengkalis, dalam rangka pemilu 2024, Rabu 7 Februari 2024, di lantai II Kantor Bupati Bengkalis.

Bagus mengatakan, hari ini ada tiga hal yang dibahas yakni terkait dengan Karhutla, Banjir dan yang paling urgen pelaksanaan pesta Pemilu serentak 2024. Tiga hal ini memiliki korelasi karena momentumnya tepat. Maka perlu dilakukan koordinasi dari semua pihak, sebagai bentuk persiapan penanganan terhadap tiga hal tersebut.

"Daerah kita ini jika musim panas menghadapi Karhutla sementara kalau musim hujan deras kita dilanda banjir. Jadi dua musim ini perlu kita pelajari dan tangani dengan serius, karena dua bencana tersebut sangat berdampak kepada masyarakat luas. Melalui rapat koordinasi seperti inilah kita harapkan sebagai bentuk memperkuat persiapan penanganan bencana,"ujar Bagus.

Kala itu juga Wakil Bupati Bengkalis meminta kepada seluruh peserta Rakor penanggulangan bencana yang hadir untuk memberikan informasi terkini terkait dengan tiga isu yakni Karhutla, Banjir dan Pesta Pemilu serentak 2024.

"Kita ingin dengarkan laporan dari Forkopimda maupun Forkompincam agar dua bencana alam ini Karhutla dan Banjir, tidak menghambat pelaksanaan pesta demokrasi pada tanggal 14 Februari 2024 mendatang. Karena saat ini masih ada daerah yang masih terendam banjir. Oleh karena itu jika masih ada daerahnya banjir kita harus segera tanggani dan segera melakukan mekanisme evaluasi TPS. Sehingga tidak menghalangi masyarakat kita untuk mengunakan hak suara pada pemilu mendatang,"kata Bagus.

Bagus juga mengajak semua pihak untuk mengawasi dan kawal proses perindustrian hingga pelaksanaan pesta pemilu serentak 2024. Karena hari ini pendistribusian logistik pemilu sudah dilakukan oleh pihak KPU Bengkalis.

"Kita mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis supaya mengunakan hak pilihnya pada 14 Februari 2024, jangan sampai golput. Mari kita ciptakan pesta demokrasi damai, bersih, jujur, adil dan bermartabat,"pungkas Wabup.

Turut hadir Waka Polres Bengkalis Kompol Farris Nursanjaya, Dandim 0303 Bengkalis diwakili, Pasi Log, Lettu Inf Ucok Doni Samosir, Kalaksa BPBD Bengkalis Sufandi, Kepala DLH Basuki Rakhmad, Sekretaris Dinas Perhubungan Alhamidi, Camat Bengkalis Taufik, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Administrator, seluruh Instansi Vertikal, perwakilan perusahan serta sejumlah Forkompincam dan Camat dari 11 kecamatan se-Kabupaten Bengkalis lewat zoom meeting.#DISKOMINFOTIK.