Kunjungi dan Pelajari Batik Tenun Langgam Sako, DWP Unit Diskominfotik Dukung Batik Lokal

BENGKALIS - Sebuah kebanggaan Kabupaten Bengkalis memiliki pengrajin batik yang telah memasarkan produknya hingga luar daerah, bahkan telah berulang kali menjuarai kompetisi tingkat nasional. 

Sebagai bentuk dukungan, Dharma Wanita Persatuan (DWP) unit Diskominfotik Kabupaten Bengkalis mengunjungi tempat pembuatan batik tenun di Dusun Langgam Muara, Desa Teluk Latak Jumat, 19 Januari 2024.

Tak hanya sekedar melihat, bahkan rombongan DWP unit ini turut terjun mempelajari proses pembuatan batik. Batik Tenun nan mempesona ini diproduksi oleh Bumdes Langam Sako. 

Sedikitnya, ada 70 motif yang berasal dari ide kreatif pengrajin yang tidak lari dari motif tenun di kain batik tenun dengan ukurannya 2 meter lebih ini.

Direktur Bumdes Langgam Sako Desa Teluk Latak Norizal menyebutkan, suatu kebanggaan bisa dikunjungi ketua dan anggota DWP Unit Diskominfotik Bengkalis.

"Kami merasa bangga bahwa ada yang memperhatikan produk kami yg jauh terletak di Desa ini," ucap Norizal. Ketua DWP unit Diskominfotik Surya Suhersi menyebutkan tujuan dirinya bersama anggota tersebut ingin mengenal lebih dekat batik tenun yang diproduksi di Bumdes Langgam Sako. 

"Mudah-mudahan batik di Teluk Latak ini menjadi batik seperti di Pekalongan, bisa mendunia," harap Surya. 

Kemudian istri Kadis Kominfotik ini juga menyatakan dukungan dan siap mempromosikan batik tenun Bumdes Langgam Sako agar viral dan dikenal masyarakat luas. 

"Mudah-mudahan apa yang kita inginkan, impikan dijabah Allah. karena tujuan kita ingin mensejahterakan masyarakat sekitar pastinya," kata Surya. Usai melihat dan mengikuti bagaimana proses pembuatan batik tenun, Surya menyebut proses panjangnya memang menghasilkan batik yang bagus. Dengan kain halus dan indah, serta cocok digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. 

Diakhir kunjungannya, Surya Suhersi memberikan cenderamata kepada Bumdes Langgam Sako telah menerima DWP Unit Diskominfotik dengan baik. #DISKOMINFOTIK