Tingkatkan Kesejahteraan Perkebunan Karet di Kabupaten Bengkalis, Inovasi “Perkebunan Jempol” Hadir di Desa Jangkang

BENGKALIS - Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis dengan Inovasi “Perkebunan Jempol” melakukan penjualan Bersama/lelang  Bahan Olahan Karet Rakyat (BOKAR) melalui Unit Pengolahan dan Pelelangan Bokar (UPPB) Anungrah Utama Jangkang di Desa Jangkang Kecamatan Bantan Kamis, 18 Januari 2024. 

Kegiatan ini merupakan kegiatan penjualan BOKAR secara serentak di tempat yang sama/terpusat  yang di koordinir oleh UPPB pada kelompok pekebun yang tergabung dalam UPPB tersebut, selanjutnya akan ditawarkan ke beberapa pabrik pengolah BOKAR secara langsung sehingga pabrik bersaing untuk mendapatkan BOKAR yang berdampak pada penawaran harga BOKAR yang kompetitif.

Ketua UPPB Anungrah Utama Jangkang di Desa Jangkang Zaini mengucapkan terimasih atas kunjungan Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis serta jajaran. 

“Alhamdullilah setelah berjalan sudah 2 kali penimbangan kemarin Bulan Desember Tanggal 27 melaksanakan perdana dan ini kali ke dua. Hasil yang di dapat kami bersyukur dari harga yang dulu Rp. 7.000 lebih dan sekarang menjadi Rp. 9.000 dengan berat pelelangan saat ini 1,6 Ton di UPPB Anungrah Mandiri Jangkang”, kata Zaini.

Lebih lanjut Zaini mengucapkan terimakasih kepada Bupati Bengkalis Kasmarni karena telah membuat program BOKAR dan telah membentuk UPPB desa jangkang ini, selanjutnya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis untuk dapat memberikan bantuan peremajaan kebun karet Masyarakat.

Penjualan BOKAR bersama melalui UPPB Anungrah Utama Jangkang di Desa Jangkang dihadiri oleh Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis Mohammad Azmir, Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Khairul Ashri, Kepala UPT Pembibitan dan Pengembangan Perkebunan Kecamatan Bantan Zulfandi dan Staf Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Pj Kepala Desa Jangakang Al ‘Amin serta kelompok pekebun karet yang tergabung dalam UPPB Anugrah Utama Jangkang.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Bengkalis Mohammad Azmir memberikan apresiasi kepada UPPB jangkang yang telah berhasil melaksanakan Gerakan Bokar bersih dengan pengelolaan yang baik Bersama kelompok pekebun karet sehingga mampu memperoleh harga karet yang meningkat. 

Mohammad Azmir juga berharap agar peningkatan harga karet dapat terus diperoleh pekebun sehingga akan berdampak langsung terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan pekebun karet khsususnya pekebun di Desa jangkang, dalam mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju, dan Sejahtera.

Selanjutnya Azmir menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Bengkalis terus berupaya melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan produktivitas pekebun, salah satunya melalui inovasi “Perkebunan jempol” dengan melakukan inventarisasi kebutuhan pengelolaan pekebun secara langsung terhadap pekebun di seluruh Desa/Kelurahan se Kabupaten Bengkalis atau jemput bola. 

Pada kesempatan itu juga Kadis Perkebunan Azmir menyerahkan bantuan  alat sadap karet/pahat secara simbolis kepada ketua UPPB Anugerah Utama Jangkang.## DISKOMINFOTIK