Tingkatkan Kompetensi, Keahlian, dan Profesional Pemadam Kebakaran, Bupati Bengkalis Buka Bimtek Capacity Building

Teks foto: Tingkatkan Kompetensi, Keahlian, dan Profesional Pemadam Kebakaran, Bupati Bengkalis Buka Bimtek Capacity Building.

BATAM- Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Bustami HY Secara Resmi membuka Kegiatan Bimbingan Teknis Capacity Building Pemadam Kebakaran Kabupaten Bengkalis, Jum'at 22 Desember 2023 di Gedung Pertemuan The Hills Hotel Batam.

Hadir dalam kesempatan itu, Narasumber dari Kota Batam Raja Ilham, Kadis Damkar Kabupaten Bengkalis H. Alfakhrurrazy, Lembaga Penyelenggara LPP Gurindam Taufik Iryandi Rusli, Kasi Pencegahan dan Penyuluhan Mulyadi, Kabid Penyuluhan Kebakaran Firdaus, dan para peserta Bimtek.

Dalam sambutan tertulis Bupati, Bustami HY menyambut baik dengan dilaksanakannya Bimtek Capacity Building Pemadam Kebakaran ini, karena kegiatan pemadam kebakaran dapat meningkatkan kompetensi, keahlian, dan keprofesionalan aparatur pemadam kebakaran, agar kedepannya mampu memberikan performa terbaik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

“Selain itu juga, pemadam kebakaran harus dapat menggalang solidaritas, memiliki jiwa patriot serta dapat terus memperkuat pengabdian, sehingga mampu menjadi aparatur pemadam kebakaran dan penyelamatan yang tangguh ,” terang Bustami.

Mengingat, dengan semangat dan ketangguhan itulah yang kemudian akan mendorong bapak/ibu sebagai aparatur pemadam kebakaran yang dapat mengatasi berbagai keadaan darurat yang berkaitan dengan kebakaran.

Personil Damkar, tambah Bustami, juga dituntut harus menguasai kemampuan manajemen dan tanggap darurat terhadap kebakaran gedung atau lahan, agar kedepannya mampu mengambil tindakan pencegahan dan penanggulangan yang bisa meminimalkan risiko kebakaran.

Makanya, sebagai aparatur pemadam kebakaran harus dibekali dengan pengetahuan lebih, agar kedepannya tidak salah dalam melangkah dan tidak salah dalam mengambil tindakan.

"Kepada peserta capacity building dapat mengikuti bimtek ini dengan sungguh-sungguh, agar penyelenggaraan bimtek ini bisa menjadi salah satu solusi dalam menjawab tantangan dan hambatan yang dihadapi petugas damkar dan penyelamatan, sekaligus membangun karakter dan sikap perilaku profesional dalam penanganan kebakaran," tutupnya.#DISKOMINFOTIK.