Bupati Kasmarni Launching Kampung Germas Desa Berancah

Teks foto: Bupati Kasmarni diwakili Asisten I Andris Wasono Launching Kampung Germas Desa Berancah.

BANTAN – Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Andris Wasono melaunching Kampung Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Desa Berancah Kecamatan Bantan, Senin 18 Desember 2023, di halama Kantor Desa Berancah.

Peresmian itu ditandai dengan pemotongan pita oleh Asisten I Setda Bengkalis Andris Wasono didampingi Wakil Ketua DPRD Bengkalis Sofyan, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Pertenakan H. Tarmizi, perwakilan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Bengkalis diwakili Kabid Kesehatan Masyarakat Yessica Vebrina, Camat Bantan dan Pj. Kades Berancah serta diikuti para tamu undangan lainnya.

Kemudian para rombongan melanjutkan peninjuan di kawasan kampung germas, tepatnya di Dusun Penowo Makmur Desa Berancah.

“ucapan selamat dan tahniah serta apresiasi yang tinggi kami berikan kepada pemerintahan dan masyarakat Desa Berancah, yang hari ini desanya akan kita launching sebagai Kampung Germas Kabupaten Bengkalis Tahun 2023. Momentum ini tentunya harus menjadi momen bagi masyarakat Desa Berancah untuk memperkuat komitmennya secara bersama-sama dalam mempraktekkan pola hidup sehat dan pentingnya akan hidup bersih dan sehat,”ujar Andris.

Andris mengatakan, keberadaan Desa Berancah sebagai kampung germas, tidak hanya selesai saat launching hari ini saja, akan tetapi masih dibutuhkan peran dan keseriusan seluruh elemen masyarakat yang ada di desa ini untuk benar-benar menciptakan desa ini sebagai kampung gerakan masyarakat hidup sehat, karena kunci kesuksesan kampung germas ini sangat ditentukan oleh peran masyarakat itu sendiri.

Dalam mendukung serta menyukseskan berbagai program integrasi kampung germas ini, seperti peningkatan aktifitas fisik, peningkatan pangan sehat dan perbaikan gizi, peningkatan deteksi dini penyakit, peningkatan lingkungan sehat serta peningkatan edukasi serta perilaku hidup bersih dan sehat.

Sambungnya lagi, untuk mewujudkan kampung germas ini agar ianya berjalan baik dan sukses, tentunya bapak/ibu harus dapat menjalankan tujuh pilar kampung germas secara sungguh-sungguh. pertama adalah rutin melakukan aktivitas fisik.

“Kami menyarankan masyarakat untuk rajin melaksanakan olahraga atau senam massal secara berkala baik dilingkup Rt, Rw atau dusun. Yang kedua adalah rajin mengkonsumsi buah dan sayur, karena tubuh kita membutuhkan makanan berserat yang banyak didapat dari sayuran dan buah-buahan. Pilar yang ketiga untuk kampung germas adalah tidak merokok. kami paham, kebiasaan ini mungkin agak sulit dilepaskan bagi para perokok. Namun kami juga yakin secara perlahan-lahan hal tersebut bisa dikurangi oleh mereka yang merokok,”tuturnya.

Selanjutnya pilar keempat yaitu tidak mengkonsumsi minuman beralkohol. Pilar kelimanya adalah bapak/ibu hendaknya rajin melakukan pemeriksaan kesehatan berkala, kunjungi puskesmas atau pustu maupun pusat kesehatan masyarakat lainnya.

“Mari kita jadikan lingkungan disekitar kita agar tetap terlihat asri dan bersih. Kemudian untuk pilar ketujuhnya adalah sanitasi yang sehat. Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis, terus berupaya menjamin agar angka indeks kesehatan masyarakat didaerah ini senantiasa baik, sesuai dengan visi kita untuk mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera,”pungkasnya.#DISKOMINFOTIK.