Peran Dukung Pemkab Cegah HIV/AIDS di Bengkalis, DWP Unit Diskominfotik Gelar Seminar

BENGKALIS - Dharma Wanita Persatuan (DWP) unit Diskominfotik Bengkalis menggelar seminar pencegahan HIV/AIDS di ruang rapat Diskominfotik Rabu, 13 Desember 2023.

Diikuti ketua dan anggota DWP serta ASN dan Honorer Diskominfotik seminar itu sebagai wujud peran DWP unit Diskominfotik mendukung upaya Pemkab dalam pencegahan HIV/AIDS di Negeri Junjungan. 

Hal tersebut dipandang DWP Unit Diskominfotik perlu, sebab Kabupaten Bengkalis mengalami peningkatan jumlah penderita HIV/AIDS. Bahkan di Provinsi Riau, Kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini berada pada urutan kedua terbesar setelah Kota Pekanbaru.

“Hal tersebut menjadi perhatian serius DWP unit Diskominfotik, untuk itu kami mengelar kegiatan seminar ini sekaligus bersamaan dengan pertemuan bulanan,” ujar Ketua DWP Unit Diskominfotik Surya Suhersi Suwarto.DWP sebagai salah satu organisasi mitra Pemerintah Daerah berperan memberikan kontribusi, salah satunya melalui kegiatan seminar, sebagai bagian dari pembangunan Sumber Daya Manusia di Negeri Junjungan .

"Kita yang awam ni perlu memahami gejala apa dan apa penyebab HIV/AIDS. Sehingga, kita dapat nantinya mencegah HIV dari keluarga serta lingkungan sekitar," ujar Surya 

Lanjut Surya, pengurus Dharma Wanita secara organisasi harus mampu memberikan sedikit kemanfaatan di lingkungan, sehingga usai mengikuti pelatihan ini ilmu tersebut wajib disampaikan ke yang lainnya.

“Untuk itu saya juga mengingatkan agar seluruh anggota DWP dapat meningkatkan pengawasan terhadap anak-anak dan keluarga terutama saat beraktifitas di luar rumah,” imbuhnya.Peran wanita sebagai ibu diungkapkannya sangat penting, sebab hubungan yang paling dekat di dalam keluarga. Untuk itu Surya  juga yakin para ibu sangat jeli dalam memperhatikan perilaku anak-anak yang akhirnya dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Adapun tema seminar ini "Satukan Langkah Cegah HIV dan AIDS mari lindungi Generasi Bangsa".

Seminar ini dibuka Sekretaris Penanggulangan HIV dan AIDS Kabupaten Bengkalis Ismail Mahyuddin serta menghadirkan narasumber Manager Program Komisi Penanggulangan HIV dan AIDS Kabupaten Bengkalis Rangga Ariantono. #DISKOMINFOTIK