Bupati Kasmarni Sambut Baik dan Dukung LSII Gelar Bimtek Pengelolaan Arsip Desa/Kelurahan

Teks foto: Bupati Kasmarni Sambut Baik dan Dukung LSII Gelar Bimtek Pengelolaan Arsip Desa/Kelurahan

PEKANBARU - Bupati Bengkalis Kasmarni menyambut baik dan mendukung Lembaga Sinergi Indeks Indonesia (LSII) melakukan bimbingan teknis tata kelola arsip dan tata naskah dinas desa Kabupaten Bengkalis. Dalam upaya  meningkatkan kompetensi para aparatur desa/kelurahan terhadap pengelolaan arsip.

Demikian hal itu disampaikan Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Bengkalis H. Alfakhrurrazi, saat membuka bimtek Pengelolaan Arsip Desa/Kelurahan,  Selasa 5 Desember 2023, di Hotel Furaya Pekanbaru.

“Kami tentunya menyambut baik bimtek ini, agar seluruh aparatur desa memiliki wawasan serta pemahaman terkait pengelolaan arsip yang baik dan benar dalam mendukung manajemen administrasi perkantoran yang tepat, cepat dan akuntabel.” ucap Razi.

Arsip itu lanjut Kepala Damkar Kabupaten Bengkalis itu lagi, adalah sesuatu yang penting dalam kehidupan, dan arsip bisa di katakan sebagai urat nadi dalam segala urusan administrasi.

Memang harus kita akui lanjut Razi lagi, saat ini pengelolaan arsip desa belum mendapatkan perhatian yang cukup, sehingga ketika arsip diperlukan sering ditemui berbagai permasalahan dan kendala, seperti susah dalam penemuan kembali, rusak karena pemeliharaan yang tidak sesuai dengan kaidah kearsipan, dan pengelolaan arsip yang tidak mengikuti aturan atau kaidah yang benar.

“Saking pentingnya arsip, kepada Pemerintah Desa kami berharap arsip jangan di anggap sepele, karena dalam kehidupan sehari-hari kita tidak pernah lepas dengan yang namanya arsip, sampai matipun kita memerlukan arsip” ujarnya.

Saat ini, kata Razi, program arsip masuk desa/kelurahan juga menjadi bagian program kita Pemerintah Kabupaten Bengkalis, dan akan terus kita genjot, agar kedepannya Pemerintah Desa mampu mewujudkan tata kelola arsip di desa/kelurahan yang efektif dan akuntabel. 

Makanya kepada aparatur Pemerintah Desa yang menangani arsip, kami minta mengikuti kegiatan bimtek ini dengan tuntas, mengingat, pemerintah desa/kelurahan merupakan ujung tombak yang harus ditingkatkan terkait peran serta kapasitasnya dalam pengelolaan arsip.

Selain Staf Ahli Bupati Bengkalis turut hadir mendampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis Hendrik Dwi Yatmoko.#DISKOMINFOTIK.