7 Desa Tergenang Banjir, Camat Bantan dan Gabungan PD Kolaborasi Beri Bantuan

BENGKALIS - Akibat hujan deras terus menerus mulai Kamis, 26 November di 7 Desa Kecamatan Bantan menyebabkan banjir dengan tinggi mencapai hingga 50 centimeter.

Adapun tujuh desa yang terkena dampak tersebut yakni Desa Teluk Papal, Bantan Sari, Ulu Pulau, Berancah, Mentanyan, Bantan Air dan Bantan Tengah.

Menanggapi itu, Camat Bantan dan sejumlah gabungan Perangkat Daerah (PD) Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan PD lainnya berkolaborasi beri bantuan.

Langkah awal dari tindakan tersebut, Tim BPBD bakal membuat SK penanggulangan dan sebagai acuan untuk mengeluarkan bantuan.

Selasa, 28 November 2023, gabungan organisasi itu hadir dan meninjau langsung posko dan dapur umum di Desa Teluk Papal, diantara Camat Bantam Rafli Kurniawan, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Susi Hartati, Plt Kepala Dinas Sosial Eji Marlina, Fungsional Kedaruratan BPBD Arnizam, sejumlah Kades serta TNI dan Polri.

Camat Bantan Rafli Kurniawan menyebutkan untuk saat ini, sejumlah warga yang terdampak telah diungsikan di posko dan juga dirumah keluarganya.

"Saat ini air sudah mulai surut, namun genangan air masih tinggi dikarenakan air pasang laut juga cukup tinggi, dan kami bersama BPBD serta Dinas Sosial terus memantau kelokasi terdampak banjir, juga mendirikan dapur umum untuk warga," pungkasnya.

Camat juga menjelaskan bahwa warga yang terdampak itu, lebih kurang 1,098 KK. Dan Pemerintah Kecamatan bersama Desa terus memberikan bantuan dari dana Bermasa yang diprogramkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis.

"Mudah-mudahan air cepat surut dan warga bisa pulang kerumah masing-masing serta bisa beraktivitas seperti biasa," harapan Rafli. 

Salah satu warga yang merasakan dampak langsung banjir ialah Liza Atina warga Desa Teluk Papal, dirinya mengeluhkan susahnya akses jalan sehingga menghambat dalam bekerja.

"Akibat hujan beberapa hari ini, rumah kami tergenang banjir, jelas aktivitas kami begitu terhambat. Namun Alhamdulillah, Pemkab Bengkalis, Kecamatan dan Desa bergerak cepat membantu warga," ucap Liza.

Lanjut Liza, dirinya bersama masyarakat lain berharap, bantuan dapat segera disalurkan ke seluruh masyarakat terdapak. #DISKOMINFOTIK