Bupati Bengkalis Terus Dorong Produktivitas Pertanian di Negeri Junjungan

BENGKALIS - Bupati Bengkalis Kasmarani terus mendorong produktivitas pertanian di Negeri Junjungan. 

Menurutnya, sektor pertanian memiliki peran yang sangat penting dan strategis. Hal itu dapat dilihat dari besarnya persentase konstribusi sektor pertanian terhadap pendapatan domestik regional bruto yakni sebesar 12 persen, di bawah industri pengolahan dan pertambangan.

Hal itu disampaikan Bupati Kasmarni dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik H. Alfakhrurazy saat menghadiri Perayaan Hari Tani Nasional Ke-63. Senin, 2 Oktober 2023.

Perayaan Hari Tani Nasional ini diselenggarakan UPT BPP dan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan Kabupaten Bengkalis.

Pemkab Bengkalis memiliki komitmen dan perhatian tinggi kepada petani, mengingat sebagian besar mata pencaharian dan sumber pendapatan masyarakat berasal dari petani.

Secara rinci Bupati memaparkan, saat ini ada 27.900 jiwa dari 624.321 jumlah penduduk Kabupaten Bengkalis adalah petani, dengan luas pertanian lahan sawah seluas 2.992,42 hektar dan luas lahan bukan sawah sebesar 481,701,2 hektar, yang produksi pertaniannya mencapai 18.954,3 ton.

"Selaras dengan tema "Gerakkan Pangan Murah" kami akan terus berupaya mendorong produktivitas pertanian di Negeri Junjungan, seperti bantuan bibit unggul bersertifikat, bantuan peralatan pertanian, optimalisasi lahan dan puskeswan," paparnya.

"Kemudian, pembangunan infrastruktur pertanian, inseminasi buatan ternak sapi dan kerbau serta mendukung upaya petani dalam mengembangkan varietas baru tanaman pangan dan hortikultura," tambahnya.#DISKOMINFOTIK