Pemkab Bengkalis Ucapkan Tahniah dan Sukses Kapolda Terima Gelar Adat Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri

Teks foto: Wakil Bupati Bengkalis foto bersama dengan Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri.

PEKANBARU - Pemerintah Kabupaten Bengkalis mengucapkan tahniah dan sukses kepada Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal yang telah resmi dikukuhkan dan ditabalkan dengan gelar adat “Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) di Balairung Tennas Effendy, Balai Adat Melayu Riau Pekanbaru, Jum'at 29 September  2023.

Bupati Bengkalis Kasmarni melalui Wakil Bupati Bagus Santoso menghadiri langsung prosesi penabalan bersama para Bupati dan Walikota se Provinsi Riau. Secara khusus Wabup Bagus Santoso menyampaikan pesan dari Bupati Bengkalis Kasmarni yang saat bersamaan sedang melaksanakan kegiatan di Jakarta.

“Alhamdulillah acara berlangsung khidmat dan kita dapat salam dari Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri untuk Ibu Bupati Kasmarni dan seluruh masyarakat Bengkalis semoga selalu damai dan sejahtera” kata Wabup seusai acara.

Sebagaimana diketahui beberapa waktu lalu tepatnya tanggal 17 bulan juni tahun yang sama Irjen Pol Muhammad Iqbal yang dikenal dekat dengan masyarakat Riau juga telah lebih dahulu menyandang gelar kehormatan  Datuk Wira Lela Setia Negeri yang diberikan oleh Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai.

Gelar adat menurut Ketua Umum DPH LAM Riau Datuk Seri Taufik Ikram Jamil memiliki makna sebagai seseorang yang memiliki kemampuan dan kekuatan, serta dapat menggunakan kekuatan yang ada pada dirinya dalam menjayakan tanggung jawab maupun kewajibannya untuk menciptakan keteraturan di tengah kehidupan masyarakat.

"Gelar Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri bermakna sebagai orang mulia dengan penuh cahaya yang memiliki kemampuan dan kekuatan istimewa” sebut Datuk Taufik Ikram Jamil

Pada sambutannya Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri Muhammad Iqbal mengatakan bahwa gelar adat yang diterima mencerminkan ia dan keluarga betapa sangat memberikan penghormatan terhadap tanah Riau. Gelar adat ini akan mewajibkan peran sinergi dan kontribusi dirinya kepada masyarakat dan negara sebagai salah satu orang Melayu Riau.

Kapolda mengakui Kebaikan dan adab masyarakat Riau telah berhasil membuat keluarga besar Polda Riau dapat melaksanakan tugas yang telah diamanatkan dengan baik.

"Kami bisa menjalankan tugas, berbangsa, dan bernegara yang sangat nyaman dan damai di tanah Riau, itulah yang tidak bisa dibalas, seperti yang diungkapkan dalam sebuah pantun. Pidang emas dibawa berlayar, masak sebiji di atas peti. Hutang emas dapat dibayar, hutang budi dibawa mati," pungkasnya.

Nampak hadir mewakili masyarakat Kabupaten Bengkalis Ketua LAMR Bengkalis Datuk Seri Sofyan Said, Datuk Bustami HY dan pengurus lainnya.#DISKOMINFOTIK.