Lindungi Keselamatan Kerja Masyarakatnya, Bupati Kasmarni Terbaik 1 Paritrana Award Riau

PEKANBARU - Kesuksesan Kabupaten Bengkalis dalam program kesehatan dan keselamatan kerja masyarakatnya dianugerahkan penghargaan berupa terbaik 1 Paritrana Award Provinsi Riau tahun 2022, Kategori Pemerintah Daerah. 

Bupati Kasmarni dinilai melaksanakan penerapan program Jaminan Kesehatan bagi tenaga kerja rentan (pekerja bukan menerima upah) dan bagi non ASN yang didanai dari APBD Kabupaten Bengkalis.

Penghargaan ini diserahkan Sekretaris Daerah Provinsi Riau SF Hariyanto kepada Bupati Bengkalis Kasmarni Kamis malam, 31 Agustus 2023 di Ballroom Novotel Pekanbaru.

Posisi II Paritrana Award Provinsi Riau tahun 2022 diraih oleh Kabupaten Kepulauan Meranti dan terbaik III Kota Pekanbaru.

Usai menerima penghargaan, Bupati Kasmarni mengungkapkan keberhasilan tersebut merupakan buah dari penerapan program perlindungan pekerja rentan oleh setiap instansi dan juga perangkat daerah di lingkungan Kabupaten Bengkalis. Disamping itu juga perusahaan dibidang jaminan sosial ketenagakerjaan.

Bupati perempuan pertama di Riau ini komitmen agar prestasi terhadap pelayanan jaminan pekerja di lingkungan Kabupaten Bengkalis bisa terus ditingkatkan. 

"Karena keselamatan masyarakat Kabupaten Bengkalis saat mereka bekerja harus setara semuanya," tegas Bupati Kasmarni.

Dijelaskan Bupati Kasmarni, perusahaan yang telah terdaftar sebagai peserta jaminan sosial ketenagakerjaan sebanyak 1.174 perusahaan. 

Sementara jumlah tenaga kerja yang telah terdaftar sebagai peserta jaminan sosial  ketenagakerjaan sebanyak 50.132 orang.Pemerintah Kabupaten Bengkalis mulai tanggal 22 November 2022 telah mendaftarkan peserta jaminan sosial ketenagakerjaan bagi pekerja rentan sebanyak 24.000 orang dengan anggaran 403 juta per bulan.

Sementara pada tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah menganggarkan dalam APBD sebesar 4,32 milyar untuk 24.000 orang.

Untuk peserta jaminan sosial ketenagakerjaan bagi non ASN yang didanai dari APBD Kabupaten Bengkalis tahun 2022 berjumlah 10.413.

"Pelaksanaan program ini merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Bengkalis dan seluruh perusahaan di Negeri Junjungan demi memberikan perlindungan bagi para pekerja serta dalam upaya mewujudkan Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera," lanjutnya.

Sementara Sekda Riau SF Hariyanto menyampaikan sambutan Gubernur Riau Syamsuar yang mana mengapresiasi kepada daerah yang telah menerapkan kepatuhan sosial di provinsi riau.

"Apresiasi setingginya baik pemerintah daerah maupun perusahaan yang telah terlibat pada Paritrana Provinsi Riau tahun 2022," ucapnya.

Dilanjutkan Sekda Riau itu, harapan besar Pemerintah Derah dan Pemerintah Provinsi Riau untuk berikutnya bisa menerima langsung penghargaan Paritrana Award dari Presiden RI. 

Ikut mendampingi Bupati Kasmarni dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Bengkalis Ersan Saputra TH,  Kepala Dinas (Kadis) PUPR Ardiansyah, Kadis Perkim Supardi, Kadis Pendidikan Hadi Prasetyo.

Lalu Plt Disnakertras Salman Alfarizi, Plt Kepala Dinas Kesehatan Ermanto, Kepala Bappeda Rinto, Kepala BPKAD Aready, Kepala BKPP Djamaludin. #DISKOMINFOTIK