Kerjasama Pemdes Cingam, KJFD LGI Fisip UNRI Gelar Pemberdayaan Pokdarwis

RUPAT – Kelompok Jabatan Fungsional Dosen (KJFD) Local Governance dan Inovasi Fisip Universitas Riau (Unri) bekerjasama dengan Pemerintah Desa Sungai Cingam, Kecamatan Rupat gelar kegiatan pengembangan desa wisata melalui pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) berbasis inovasi digital.

Diungkapkan Dr. Adianto, S.Sos, M.Si selaku narasumber, Pemerintah Desa Sungai Cingam pada dasarnya sudah melakukan pengelolaan desa wisata melalui inovasi digital. Hal ini dibuktikan dengan adanya website sungaicingam.desa.id yang dimanfaatkan sebagai media promosi dan informasi tentang pengelolaan desa wisata yang dimiliki. terutama wisata pantai Ketapang.

“Atas dasar itu, maka kita menggait Pokdarwis Desa Sungai untuk melakukan pemberdayaan berbasis inovasi digital. Bahkan plafon inovasi digital juga dilakukan melalui media sosial lainnya seperti FB, Tiktok, instragram dan lain sebagainya,” ungkap Adianto, Kamis 31 Agustus 2023.

Kegiatan pemberdayaan di Desa Sungai Cingam yang digelar belum lama ini menghadirkan narasumber Dr. Adianto, S.Sos, M.Si dan Resa Vio Vani, S.Sos.

Dikatakan Adianto, meskipun Pemerintah Desa Cingam telah melakukan pengelolaan digital, namun masih belum memberikan efek pada kunjungan wisata yang besar bagi pengelolaan wisata pantai Ketapang.

Kegiatan pengabdian yang dilakukan, pihak pengabdian KJFD Local Governance dan Inovasi Fisip Universitas Riau memberikan rekomendasi dalam upaya mengembangkan desa wisata berbasis inovasi digital dengan membuat event wisata bagi pantai Ketapang

“Event tersebut bisa dilakukan melalui kegiatan lomba foto dan video di wisata pantai Ketapang yang akan dimuat dalam web desa dan media youtube yang bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat secara regional, nasional dan internasional,” ujar Adianto

Rekomendasi kegiatan lainnya pihak Desa Sungai Cingam juga bisa membuat kegiatan wisata desa yang masuk dalam agenda kabupaten, provinsi dan nasional yang secara tidak langsung bisa juga menjadi media promosi bagi wisata pantai Ketapang

“Kami juga menyarankan kepada pengelola desa Wisata pantai ketapang untuk melakukan kerjasama dalam pengelolaan desa wisata dengan program Studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW) Fisip Unri dalam mengemas desa wisata menjadi lebih baik dan memenangkan lomba desa wisata nusantara,” ujarnya.

Kepala Desa diwakili Sekretaris Desa Iwan Santoso, menyambut baik penyelenggaraan KJFD Local Governance dan Inovasi Fisip Unri di Desa Sungai Cingam. Kegiatan memberikan kontribusi bagi pengembangan dunia wisata yang ditopang dengan kehadiran digital. #DISKOMINFOTIK