Optimalisasi Penggunan Rapor Pendidikan, Tanoto Foundation Gelar Worshop Bagi Kepala Sekolah di Bengkalis

BENGKALIS - Dalam rangka optimalisasi Perencanaan Berbasis Data di tingkat satuan pendidikan, Tanoto Foundation bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis menaja Workshop Penyusunan Rencana Kerja Tahunan (RKT) dan Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (ARKAS) Berbasis Rapor Pendidikan, Selasa 22 Agustus 2023, di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis.

Kegiatan yang diikuti 75 Kepala Sekolah, Guru dan Operator Sekolah (tenaga administrasi) ini menghadirkan narasumber Duwi Tri Lestari, dari Badan Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Riau. 

Koordinator Wilayah Bengkalis Tanoto Foundation, Asri dalam paparannya menyampaikan, sejak awal Juni 2023 lalu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi telah meluncurkan Rapor Pendidikan Daerah 2.0 untuk mempermudah satuan pendidikan/sekolah memahami capaian hasil belajar, memberi rekomendasi untuk menyusun RKT dan ARKAS. 

"Sehingga Rapor Pendidikan menjadi acuan dasar penyusunan program dan kegiatan pendidikan. Inilah wujud implementasi perencanaan berbasis data di sekolah," jelas Asri. 

Sekretaris Dinas Pendidikan Bengkalis, Muthu Saily berharap seluruh peserta dapat menguasai dengan baik teknis maupun analisis penyusunan RKT & ARKAS, sehingga rekomendasi Rapor Pendidikan dapat diterjemahkan dalam perencanaan sekolah. 

"Jika ini tak dapat dipahami dengan baik, maka sekolah akan terus tertinggal dengan perkembangan yang relatif cepat," ujar Muthu

Dalam kegiatan ini 22 sekolah membentuk kelompok per sekolah dan dipandu praktik langsung penyusunan RKT dan ARKAS dan ditindak lanjuti dengan penyelesaian draft penyusunan oleh masing-masing sekolah. 

"Kami berharap pelatihan praktis seperti ini lebih sering diberikan kepada para kepala sekolah dan guru, sehingga perencanaan berbasis data akan mendorong kualitas pendidikan menjadi lebih terarah dan efektif," harap Murni, salah seorang peserta dari kelompok Pengawas SD, yang tetap bersemangat meski sudah menjelang pensiun.#DISKOMINFOTIK