Semesta Bengkalis Ikuti Training ke Jepang

BENGKALIS - Sentral Muda Bestari (Semesta) NGO Kepemudaan Bengkalis mengikuti Training to Foster Environmental Heroes, selama 2 Minggu kedepan di Kota Ube -Jepang.

Pembukaan dilaksanakan hari ini pada Senin, 21 Agustus 2023 waktu Jepang, di Kantor Walikota Ube, Yamaguchi Prefecture, Jepang.

Semesta merupakan sebuah NGO Kepemudaan di Bengkalis yang memiliki visi sebagai wadah pengembangan kapasitas pemuda di bidang lingkungan, pendidikan, dan kesehatan yang terdiri dari pemuda pemudi terbaik Negeri Junjungan.

Walikota Ube, Keiji Shinozaki mengatakan dukungan dan antusiasme peserta sangat tinggi terhadap program "Training to Foster Environmental Heroes." Pelatihan ini disponsori oleh CLAIR (Council of Local Authorities for International Relations) melalui kerjasama dengan Ube IECA (Ube International Environmental Cooperation Association).

Dalam kerjasama ini, kedua belah pihak, yang dipimpin oleh Walikota Shinozaki berkomitmen untuk memberikan kontribusi yang nyata dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Delegasi Sentral Muda Bestari akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dari praktik terbaik yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Ube dalam melestarikan lingkungan dan mempromosikan gaya hidup berkelanjutan.

"Kami juga nantinya akan diberikan wawasan tentang kebijakan lingkungan yang telah terbukti berhasil dalam mengatasi berbagai tantangan," kata Hafizan Yusuf selaku Sekretaris Umum Sentral Muda Bestari.

Hafizan mengatakan program pelatihan nantinya tidak hanya akan meningkatkan pengetahuan delegasi, tetapi juga akan menginspirasi untuk mengambil tindakan nyata.

"Harapannya, setelah menyelesaikan pelatihan ini, kedepannya akan menjadi agen perubahan yang siap memimpin upaya pelestarian lingkungan melalui aktivitas-aktivitas yang berdampak di Bengkalis, terutama terkait peningkatan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah’’ kata Hafizan.

Kerjasama antara Kota Ube, Ube IECA dan Sentral Muda Bestari merupakan contoh nyata bahwa kolaborasi lintas batas dapat membawa manfaat positif dan upaya bersama dalam menjaga alam adalah investasi berharga bagi masa depan yang berkelanjutan.

Adapun 6 orang delegasi yang mengikuti kegiatan ini adalah Hafizan Yusuf, Hermansyah, Seno Sutrisno, Budi Ramana, Salmiati Talis, dan Anharin Najwa.