MTQ Kabupaten Bengkalis Bakal Digelar di Pinggir, Camat Ekspos Kesiapan

Teks foto: Camat Pinggir Zama Rico Dakanahay ketika menyampaikan ekspos persiapan MTQ ke-48 tingkat Kabupaten Bengkalis

BENGKALIS - Guna memantapkan persiapan pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-48 tingkat Kabupaten Bengkalis, di Kecamatan Pinggir yang direncanakan pada 4 September 2023 mendatang, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), menggelar Ekspos Kesiapan, di Aula Pantai Marina Hotel, Selasa, 15 Agustus 2023.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Andris Wasono yang memimpin rapat tersebut berharap agar pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis ini dapat dilaksanakan dengan baik. 

"Kepanitiaan MTQ sudah disusun dan disetujui oleh Ibu Bupati Bengkalis. Kiranya kepada para panitia agar sama-sama kita sukseskan pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2023 ini di Kecamatan Pinggir," ujarnya.

Sementara itu, sebagai tuan rumah, Camat Pinggir, Zama Rico Dakanahay memaparkan berbagai kesiapan maupun harapan kepada seluruh pihak agar pelaksanaan MTQ Kabupaten Bengkalis dapat berjalan sukses.

Untuk pelaksanaan MTQ, Camat Pinggir mengungkapkan akan dipusatkan di Halaman Kantor Camat Pinggir, di tambah dengan beberapa venue perhelatan sejumlah cabang yang akan dilombakan, seperti masjid-masjid sekitar.

"Begitu juga dengan pelaksanaan pawai ta'aruf. Akan dimulai dari depan Kantor Camat Pinggir, dan melintasi rute dengan jarak sekitar 1,7 kilometer dan berakhir kembali ke halaman Kantor Camat Pinggir," jelasnya.

Camat juga menjelaskan, bahwa selaku tuan rumah, dalam segi tempat akan dipersiapkan dengan sedemikian rupa. Begitu halnya dengan stand bazar dan pemondokan kafilah-kafilah dari Kecamatan Pinggir.

"Secara umum masyarakat kita sangat siap untuk menyambut kedatangan kafilah-kafilah dari berbagai kecamatan. Namun kita tidak menentukan di Manat tempat tinggal para kafilah kecamatan, karena itu tentu sudah menjadi kewenangan official kafilah kecamatan yang mengutus pesertanya dalam MTQ tingkat Kabupaten Bengkalis," kata Camat.

Dikesempatan ini, turut di lakukan pencabutan nomor pawai ta'aruf dan stand bazar. Untuk Bengkalis mendapatkan nomor urut 04 pawai dan 06 bazar, Bantan 7 pawai dan 10 bazar, Siak kecil 10 pawai dan 05 bazar.

Sementara Bukit Batu, mendapatkan nomor 03 untuk pawai dan 07 untuk bazar, Mandau 01 pawai dan bazar 02, Bathin Solapan pawai 02 dan bazar 08, Talang Mandau 05 pawai 03 bazar, Rupat Utara 08 pawai 04 bazar, Rupat 06 pawai dan 11 bazar, dan terakhir Bandar Laksamana berada dinomor urut  9 untuk pawai dan nomor 9 untuk stand bazar.