Mahasiswa KKN STAIN Bengkalis Taja Kewirausahaan Teluk Papal

BENGKALIS - Mahasiswa KKN STAIN Bengkalis menggelar seminar kewirausahaan di Teluk Papal dengan tema Pengenalan dan Pengelolaan Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya Lokal Solusi dalam Era MEA.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 14 Agustus 2023 di kediaman Muhri, kepala Dusun 1 Papal.

Kegiatan diikuti ibu PKK, ibu RT, RW, dan pelaku usaha UMKM, seminar ini mengenalkan sebuah produk yang semula tidak bernilai, kini menjadi bernilai, yakni bapis (keripik batang pisang).

Dalam sambutan Sri Wahyuningsih selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN Desa Teluk Papal mengenalkan empat langkah, yakni, Gelang pertanian, Gelombang industri, Informasi dan Ekonomi kreatif.

"Hal ini lah merupakan perjuangan kita sebagai masyarakat dan harus mampu menopang kebangkitan ekonomi keluarga," katanya.

Pada kesempatan itu Mahasiswa KKN STAIN Bengkalis mengenalkan sebuah produk yang tidak bernilai menjadi bernilai yaitu bapis (kripik batang pisang) bersama ibu-ibu akan bersama-sama membangkitkan keilmuan dalam wirausaha.

"Pentingnya ibuk Hadir disini untuk meneruskan produk yang telah dikenalkan agar mampu meneruskan produk ini dan menjadi nilai daya jual dan mempu meningkatkan ekonomi masyarakat terkhusus ibuk-ibuk PKK desa teluk papal," katanya.

Erika, mahasiswa KKN mengatakan meskipun cuaca lembab tetapi tidak mematahkan semangat untuk tetap hadir.

"Pada awalnya kenapa saya memilih produk ini karena di desa teluk papal ini banyak sekali batang pisang, Banyak sekali Keunggulan batang pisang ini, tapi yang paling unggul adalah mampu menurunkan berat badan," katanya.