Berharap Bangkitkan Kemampuan Belajar Usia Golden Age

Bupati Kasmarni Dukung Guru Terapkan Metode Pembelajaran PAUD yang Menyenangkan

BENGKALIS - Bupati Bengkalis Kasmarni mendukung Guru menerapkan metode pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang menyenangkan di Kabupaten Bengkalis. 

Melalui Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan Dinas Pendidikan  Senin, 14 Agustus 2023, metode pembelajaran PAUD yang menyenangkan tersebut disosialisasikan kepada perwakilan guru PAUD se-Kabupaten Bengkalis di Gedung Daerah Datuk Laksamana Raja Dilaut. 

Diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Andris Wasono, kegiatan Focus Group Discussion dan Dukungan Peningkatan Kualitas Pendidik S1 PIAUD Bengkalis Melalui Pendekatan Coaching dan Pembelajaran Menyenangkan Gurame di Kabupaten Bengkalis tahun 2023 resmi dibuka. 

"Kami tentunya menyambut baik dengan dilaksanakannya FGD ini, guna memberikan pemahaman serta meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para pengelola, pendidik atau pemerhati PAUD, terkait metode pembelajaran PAUD yang menyenangkan," ujarnya. 

Dengan diterapkannya metode itu, harapan Bupati Kasmarni kelak para tenaga pendidik dan kependidikan PAUD dapat membangkitkan seluruh kemampuan belajar dari anak PAUD dalam suasana menyenangkan dan memberikan sumbangsih kecerdasan, kebahagian, kompetensi, serta keberhasilan kepada mereka. 

"Karena menurut kami, semua orang bisa mengajar, namun belum tentu bisa mengajar TK atau PAUD," pujinya. 

Hal tersebut diungkapkan Bupati Kasmarni, mengingat mengajar PAUD berarti mengajar anak yang sedang ada di masa usia keemasannya (golden age). Sebuah masa dimana potensi anak sedang berkembang dan saat yang tepat untuk membuatnya menjadi seorang pembelajar yang mandiri dan haus akan pengetahuan. 

"Makanya melalui metode pembelajaran ini, jika benar-benar dapat kita terapkan dalam pendidikan PAUD di daerah ini, kami optimis, para Guru PAUD akan mampu mengaktualisasikan dirinya menjadi pribadi yang menyenangkan, sebagai idola anak didik, dengan menguasai berbagai metode dan pendekatan dalam seni mendidik, sehingga Guru PAUD mampu mengekplorasi minat dan bakat anak dengan cara yang focus, smart dan menyenangkan," imbuhnya. 

Kemudian orang nomor satu di Negeri Junjungan ini  berpesan kepada para guru PAUD, untuk mendidik dengan sepenuh hati, berikan perhatian dan pengetahuan yang cukup, agar mereka bisa berkembang dan bersaing kedepannya. 

Dan yang terpenting, lanjut Bupati Kasmarni bangunkan enam kemampuan fondasi anak-anak PAUD, yakni, mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial, kematangan emosi, kematangan kognitif, pengembangan motorik dan pemaknaan terhadap belajar positif. 

Diungkapkan Akna Juita sebagai ketua Pelaksana Kegiatan sekaligus Kepala Bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan 14 hingga 16 Agustus 2023. 

Dengan narasumber dari PT Coaching untuk Negeri Basyrah Basir dan Syafrida, serta dari Komunitas Guru asyik dan Menyenangkan Deden. 

"Dari kegiatan ini kami mengharapkan peningkatnya pengetahuan dan pemahaman Guru PAUD Kabupaten Bengkalis tentang metode pembelajaran PAUD yang menyenangkan dan peningkatan kompetensi Guru PAUD melalui metode coaching,"ucap Akna. #DISKOMINFOTIK