Mahasiswa KUKERTA UNRI Gelar Sosialisasi di Kelurahan Rimba Sekampung

BENGKALIS - Mahasiswa Kukerta UNRI menggelar sosialisasi di Kelurahan Rimba Sekampung Senin, 7 Agustus 2023 di aula Kantor Kelurahan. 

Adapun sosiliasasi yang diikuti masyarakat Rimba Sekampung itu yakni sosialisasi menanggulangi kemiskinan serta sosialisasi mata pencaharian alternatif kepada masyarakat nelayan dan pesisir di Kelurahan Rimba sekampung Kecamatan Bengkalis.

Kegiatan dibuka oleh Lurah Rimba Sekampung diwakili Kasi Pemberdayaan Masyarakat, Sosial dan Budaya Kelurahan Sri Hartati. 

Sti Hartati menyebutkan, jumlah nelayan di Kelurahan dengan penduduk mencapai 4.000 orang lebih tersebar di 4 RW dan 21 RT itu cukup besar. Dimana yang berprofesi sebagai nelayan kebanyakan berada di pesisir Selat Bengkalis yakni RW 1 dan RW 2 Cik Mas Ayu. 

Program ini merupakan program pilihan yang di ambil oleh kelompok Kukerta Kelurahan Rimba Sekampung, bertujuan untuk membantu menanggulangi kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Rimba Sekampung terkhususnya masyarakat di daerah pesisir yang umumnya berprofesi sebagai nelayan.

Menurut salah seorang mahasiswa Zuwini Pertiwi kegiatan sosialisasi penanggulangan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat pesisir ini bermaksud memberikan informasi   kepada para nelayan sebagai masyarakat yang menggantungkan hidupnya pada alam. 

Dalam sosialisasi ini para nelayan diberikan edukasi mengenai mata pencaharian alternatif disaat musim paceklik, sehingga masyarakat tidak memiliki masa menganggur yang berpotensi menurunkan tingkat perekonomian. 

Lanjut Ziwi lagi seluruh nelayan yang diikutsertakan dalam kegiatan sosialisasi diharapkan mampu menyerap ilmu yang diberikan langsung oleh narasumber Jhoni Handoko selaku pemateri dari Dinas Perikanan Kabupaten Bengkalis, sehingga kedepannya dapat menjalankan profesi mereka dengan lebih baik lagi. 

Sementara, perwakilan LKMK, juga tokoh masyarakat Khairul Saleh menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa KKN yang melakukan kegiatan yang posisif untuk masyarakat Rimba Sekampung. 

"Dari pemaparan oleh narasumber, kemudian banyak nya pertanyaan oleh nelayan tadi merupakan nilai positif yang bisa di ambil bahwa ketika nelayan tidak ke laut, apa lagi yang mereka lakuakan untuk untuk keperluan sehari-hari. Ini lah inti sosialisasi ini," ucap Atah. #DISKOMINFOTIK