Wujudkan Layanan Berbasis Elektronik, Diskominfotik Bengkalis Susun Arsitektur SPBE

Teks foto: Foto bersama usai pembukaan Bimtek Arsitektur SPBE yang ditaja Diskominfotik Bengkalis, Kamis 27 Juli 2023

BENGKALIS - Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis terus berupaya meningkatkan kualitas dan kemudahan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya melalui penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Agar hal tersebut segera terwujud, Diskominfotik Bengkalis bersama seluruh Perangkat Daerah melakukan penyusunan arsitektur SPBE.

Menurut Kadis Kominfotik Bengkalis, Hendrik Dwi Yatmoko, arsitektur SPBE merupakan kerangka dasar yang mendeskripsikan keterpaduan proses data, informasi, infrastruktur, aplikasi dan keamanan guna menciptakan sistem pelayanan yang terintegrasi.

Diakuinya, saat ini masing-masing Perangkat Daerah memiliki sistem aplikasi yang berbeda-beda dan belum terintegrasi satu sama lain.

"Sedikitnya 35 aplikasi dan ratusan web Perangkat Daerah yang berjalan sendiri-sendiri. Kedepannya akan kita bangun super apps yang akan menampung dan menghubungkan sistem yang sudah dibuat sebelumnya," ucapnya.

Dengan super apps, sambung Hendrik, cukup satu portal dan satu user saja sehingga memudahkan untuk pelayanan, khususnya pelayanan kepada masyarakat.

Lebih lanjut, seandainya Perangkat Daerah hendak membangun aplikasi dengan anggaran sendiri harus ada rekomendasi Diskominfotik terlebih dahulu. Hal ini dilakukan sebagai standarisasi supaya output dari aplikasi tersebut dapat dipergunakan secara maksimal.

Penekanan itu disampaikan Hendrik dalam kegiatan Bimtek Penyusunan Arsitektur SPBE yang dibuka Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, H Bustami HY di Hotel Marina, Kamis 27 Juli 2023.

Sementara itu atas nama Pemkab Bengkalis, Bustami menyambut baik terlaksananya Bimtek Arsitektur SPBE, diyakininya hal ini dapat mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel, serta meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan berbasis elektronik.

Agar berhasil guna, kegiatan ini menghadirkan narasumber mumpuni seperti Kabid Aplikasi dan Informatika Diskominfotik Riau, Muhammad Arifin. Bimtek kali ini dipandu Andri Irawan dari Diskominfotik Bengkalis.

Saat pembukaan dari Diskominfotik Bengkalis tampak hadir Sekretaris H Adi Sutrisno, Kabid Pengelolaan Berbasis Elektronik Zulkifli dan Kabid Sumber Daya Komunikasi dan Informasi, Prarezeki Indra Muda. #DISKOMINFOTIK