Pembukaan MTQ Bandar Laksaman

Bupati Kasmarni Ingatkan, Lahirkan Generasi Unggul dan Berkarakter Qur’ani Butuh Komitmen Bersama

BANDAR LAKSAMANA -  Ahad malam, 23 Juli 2023 Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-VI tingkat Kecamatan Bandar Laksamana resmi dibuka Bupati Bengkalis Kasmarni. 

Dikesempatan itu, orang nomor satu di Negeri Junjungan ini mengingatkan, melahirkan generasi unggul, berkarakter Qur’ani di Kabupaten Bengkalis termasuk Kecamatan Bandar Laksamana, dibutuhkan peran, sinergi serta komitmen semua pihak. 

Peran yang tak kalah penting adalah peran orang tua. Dengan membiasakan serta mendekatkan anak-anak sejak usia dini dengan Al-Qur'an, menjadikan Al-Qur’an sebagai bahan yang wajib dibaca dirumah-rumah setiap harinya. 

"Karena untuk membentuk generasi unggul dan berkarakter Qur’ani, setidaknya diperlukan juga pembiasaan, perhatian, keteladanan, nasihat serta evaluasi dan sangsi," ujarnya. 

Oleh karenanya, kepada seluruh orang tua Bupati Kasmarni mengajak, untuk lebih serius dan lebih berkomitmen dalam mencetak generasi unggul berkarakter Qur’ani ini. 

Tanpa adanya komitmen serta langkah cepat dan tepat dari para orang tua, lanjut Buapti Kasmarni tentu apa yang menjadi harapan dan cita-cita bersama akan sirna, seiring berkembang derasnya arus globalisasi dan modernisasi saat ini dan kedepan. 

Bupati Kasmarni juga mengatakan, pelaksanaan MTQ ini tentunya akan terasa lebih bermakna jika momentum syiar Islam ini ikut mempengaruhi perilaku khususnya kepada generasi muda saat ini, untuk lebih gemar membaca, menghafal, memahami serta  mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an dalam kehidupan, sehingga akan terbentuk generasi yang ber-SDM unggul dan berkarakter Qur’ani. 

"Artinya, melalui pelaksanaan MTQ hendaknya bisa menyadarkan kita semua akan pesan, makna serta substansi dari ajaran serta nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur’an, karena Al-Qur’an adalah pedoman dan petunjuk, yang telah memberikan perhatian khusus dan sistematis. 

Tujuannya lanjut Kasmarni agar umat Islam menjadi manusia yang unggul. Yakni manusia yang memiliki nilai dan tanggung jawab, baik secara vertikal maupun horizontal. 

Turut hadir dalam pembukaan MTQ selain Camat Bandar Laksamana Ade Suwirman beserta Ketua PKK Kecamatan Bandar Laksamana Rafika Wati, anggota DPRD Bengkalis Febriza Luwu, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Desa serta masyarakat Bandar Laksamana. #DISKOMINFOTIK