Upaya Tingkatkan Kualitas Penyelenggaraan Pemerintahan, Pemkab Bengkalis Gelar Bimtek SAKIP

BATAM - Dalam upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemerintahan, sebagai alat untuk memperbaiki kebijakan serta mendorong instansi pemerintah untuk melakukan inovasi dalam mendesain program dan kegiatan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Bagian Organisasi Setda Bengkalis melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dalam mendukung perencanaan pembangunan Kabupaten Bengkalis Kamis, 20 Juli 2023. 

Diselenggarakan di Le Roux Ballroom Davienna Boutique Hotel Batam, kegiatan itu dibuka Bupati Bengkalis diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Johansyah Syafri. 

Adapun Bimtek tersebut menghadirkan narasumber dari Tim Evaluator Kemenpan-RB, Aias Rajasa dan Diah Rakhmi Anitasari. 

Dalam sambutan Bupati Bengkalis yang dibacakan Johansyah Syafri, menyampaikan bahwa SAKIP mempunyai peran strategis, karena dapat digunakan sebagai salah satu komponen untuk mengukur keberhasilan pembangunan atas capaian kinerja yang dilakukan masing-masing perangkat daerah.  

Lanjut Johan, melalui sistem ini bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban dan alat pengendalian atas anggaran yang telah digunakan untuk pembangunan daerah. 

Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 29 Tahun 2014, SAKIP juga merupakan upaya nyata pemerintah dalam mendorong terciptanya good governance sekaligus result oriented government dengan melakukan pendekatan manajemen berbasis kinerja (Performance-base management) sebagai out put berdaya guna, berhasil guna, bersih, bertanggung jawab serta sebagai wujud pertanggungjawaban instansi pemerintah. 

"Kami berharap, melalui Bimtek SAKIP ini dapat memberikan dampak pada perbaikan pemerintahan dan sistem manajemen melalui penguatan akuntabilitas kinerja instansi serta peningkatan kualitas pelayanan publik yang merupakan agenda penting dalam reformasi birokrasi,” harap Johan. 

Bagi Kepala Perangkat Daerah sambung Johan, ditekankan agar lebih proaktif untuk mengerakkan dan mengontrol kinerja jajaran mulai tahapan penyusunan rencana strategis sampai pada review atas pencapaian kinerja. 

"Sebagai bentuk komitmen kita semua, kembali kami tegaskan kepada seluruh Perangkat Daerah agar perbaikan dokumen perencanaan dan pengukuran kinerja segera ditindaklanjuti, dengan mengikuti kaidah-kaidah evaluasi SAKIP serta harus tepat waktu dalam penyampaiannya,” tegas Johan. 

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris BPKAD Firdaus, Sekretaris Inspektorat Dedi Kurniawan, Sekretaris Kesbangpol Anuar, Kabag Organisasi Setda Emilda Susanti, dan peserta perwakilan perangkat daerah se-Kabupaten Bengkalis. #DISKOMINFOTIK