5000 Peserta dan 18 Gerobak Hias Meriahkan Pawai Takbir Idul Adha di Bengkalis

Teks foto: Wabup H Bagus Santoso dan tamu kehormatan melepas pelaksanaan Pawai Takbir Idul Adha 1444 Hijriyah.

BENGKALIS - Dalam memeriahkan gema takbir menyambut Idul Adha 1444 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Bengkalis menyelenggarakan Pawai Takbir Kendaraan Hias, di Kota Bengkalis. Sekitar 5000 peserta memadati rute pawai yang telah ditetapkan, Rabu malam, 28 Juni 2023.

Bupati Bengkalis Kasmarni, diwakili Wakil Bupati H Bagus Santoso melepas secara resmi pelaksanaan Pawai Takbir yang di mulai dari Jl. Ahmad Yani (depan Lapangan Tugu) ini, menyebutkan bahwa pelaksanaan Pawai Takbir Idul Adha yang dilaksanakan merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah kepada masyarakat dalam bidang keagamaan, serta upaya bersama untuk mensyiarkan nilai-nilai Islam.

"Sehingga kita harapkan mampu menumbuhkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan dalam kehidupan ummat. Untuk itu, mari kita laksanakan pawai takbiran ini dengan penuh khusyuk dan tertib sampai ke garis finish. Serta mematuhi aturan yang telah ditetapkan oleh panitia. Dengan harapan, agar pelaksanaan pawai takbiran kita malam ini berlangsung dengan aman, tertib, sukses dan lancar," ujar Wabup Bagus Santoso.

Adapun peserta Pawai Takbir Idul Adha tahun ini diikuti lebih dari 5000 orang tersebut terdiri dari  masyarakat, mahasiswa dan pelajar, yang merupakan dari 8 masjid, 3 musholla, 3 SMA, 1 perguruan tinggi dan 3 SMP. Total secara keseluruhan kelompok pawai ini sebanyak 18 regu. 

Sementara rute Pawai Takbir Idul Adha ini para peserta melintasi Jl. Jendral Sudirman, HOS Cokroaminoto, kemudian menuju Jl. Hang Tuah, Patimura dan kembali ke Jl. Sudirman.

"Kami mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah. Kami juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak, terutama buat panitia penyelenggara, Polri, TNI, Satpol PP serta Ormas dan OKP yang ikut serta menjaga ketertiban dan kelancaran pelaksanaan pawai takbiran malam ini. Semoga apa yang telah saudara kerjakan, akan tercatat sebagai amal ibadah disisi Allah SWT," pungkasnya.

Tampak hadir pada pelepasan pelaksanaan pawai takbiran tersebut, Pimpinan DPRD Bengkalis, Sofyan, Kapolres Bengkalis AKBP Setyo Bimo Anggoro, Kakan Kemenag, H Khaidir, Dandim Bengkalis, diwakili Pasi OPS  Capten Czi Suratmin, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Hj Siti Aisyah, Ketua DPH LAMR Bengkalis, H Sofyan Said dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, serta tamu undangan lainnya.