PKK Gelar Pelatihan Manajemen Data Dasawisma, Diharap jadi Ujung Tombak Capaian SIM

Teks foto: Foto bersama usai membuka kegiatan pelatihan dan membagikan bantuan sembako untuk menekang angka stunting

BUKIT BATU - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Bermasa Kabupaten Bengkalis, melakukan Pelatihan Sistem Manajemen Data Dasawisma, untuk wilayah Kecamatan Bukit Batu, Siak Kecil dan Bandar Laksamana, Senin, 26 Juni 2023.

Ketua PKK Kabupaten Bengkalis, Hj Siti Aisyah membuka secara langsung pelatihan yang diselenggarakan di Kantor Camat Bukit Batu tersebut, diikuti sebanyak 8 Kader PKK dari Kecamatan Bandar Laksamana, 18 Kader PKK dari Kecamatan Siak Kecil dan 11 Kader PKK dari Kecamatan Bukit Batu.

"Pelaksanaan Pelatihan Sistem Manajemen Data Dasawisma PKK Bermasa ini sebagai tindak lanjut peran serta TP-PKK dalam membantu pemerintah daerah terutama dalam pelaksanaan program nasional percepatan penurunan angka stunting, makanya penting bagi kita untuk dapat mendapatkan data yang akurat dan akuntabel," ujar Hj Siti Aisyah.

Ketua PKK mengaku sangat berbangga dengan kehadiran kelompok Dasawisma yang beranggotakan kader-kader PKK yang berada ditingkat desa dan kelurahan ini sebagai ujung tombak dalam pencapaian penerapan Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang mengakurasi data di lapangan.

Oleh karena itu, Hj Siti Aisyah berharap data-data yang dikumpulkan oleh PKK ini bisa menjadi data dasar yang valid bagi pengembangan semua program yang ada di pemerintah kabupaten bengkalis, khususnya dalam mendukung visi, misi dan program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis, yakni terwujudnya Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera. 

"Mari ikuti pelatihan ini dan manfaatkan waktu ini dengan sebaik baiknya, agar informasi, ilmu dan wawasan seputar manajemen data Dasawisma, dapat diperoleh dan diimplementasikan di lingkungan,” pesan Siti Aisyah.

Pada kegiatan tesebut, turut dilakukan penyerahan bantuan sembako makanan tambahan berupa telor, biskuit, susu dan kacang hijau kepada 75 penerima bantuan dari Dana Bermasa Kecamatan Bukit Batu. Bantuan penunjang gizi anak  juga diserahkan PKK Kabupaten Bengkalis secara simbolis untuk PKK wilayah Bukit Batu, Siak Kecil dan Bandar Laksamana.

Hadir dalam acara tersebut Camat Bukit Batu Acil Esyno dan Ketua TP PKK Kecamatan Bukit Batu Diana Rita, serta kader-kader PKK Desa/kelurahan dan tamu undangan lainnya.