Optimal Pengumpulan Zakat, Pemkab Bengkalis Gelar Bimtek Baznas dan UPZ

Teks foto: Bupati Bengkalis diwakili Asisten I Setda Bengkalis, Andris Wasono, ketika memberikan pengarahan dan membuka secara resmi Bimtek untuk Pengurusan Baznas dan UPZ Kabupaten Bengkalis.

BATAM - Guna mengoptimalkan kualitas dan pengumpulan zakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra), melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi Badan Amil Zakat (Baznas) dan Unit Pengumpul Zakat (UPZ), di Ball Room Hotel Pour Points, Batam, Senin, 19 Desember 2022.

Bupati Bengkalis Kasmarni, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Asisten 1), Andris Wasono hadir dan membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Dalam pengarahan, Asisten  mengharapkan dengan diselenggarakan Bimtek bagi pimpinan Baznas dan UPZ di lingkungan Kabupaten Bengkalis ini, pengumpulan zakat semakin baik dan optimal serta penyalurannya tepat sasaran.

"Alhamdulillah, Baznas Kabupaten Bengkalis sudah mengalami perkembangan yang cukup baik dari tahun ketahun, tentunya kami berharap, kedepannya kinerja Baznas akan semakin lebih baik dan berprestasi," ujar Andris.

Ia juga menuturkan bahwa berbagai terobosan telah dilakukan Baznas, termasuk terobosan rencana pengumpulan zakat dalam bidang digital melalui payroll system, guna meningkatkan manfaaat zakat dalam syariat islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi, dan akuntabilitas.

"Kita dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis tentu menyambut baik dengan rencana terobosan digital payroll system tersebut, untuk diterapkan secara optimal, khususnya dalam pemotongan penghasilan ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis," ucapnya.

Melalui Bimtek ini, beliau juga berharap UPZ yang ada disetiap perangkat daerah dapat lebih memahami serta menjalankan terobosan baru dengan menerapkan payroll system secara baik, agar zakat terus meningkat.

"Tentunya kita inginkan zakat benar-benar menjadi solusi dalam memberdayakan para mustahik agar menjadi lebih produktif dan hidup lebih sejahtera, yang berakselerasi pula dalam upaya kita untuk mengentas kemiskinan serta mendukung terwujudnya visi Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera," pinta Asisten.

Adapun narasumber yang mengisi Bimtek ini adalah Deputi II Baznas Republik Indonesia, Imdadun Rahmat, Ketua Baznas Provinsi Riau, Yahanan, Kakan Kemenag Bengkalis, H Khaidir, Wakil Ketua III Kota Batam, Afrizal.

Adapun peserta Bimtek ini terdiri dari Pimpinan Baznas Kabupaten Bengkalis, UPZ di masing-masing instansi dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.