Tingkatkan Literasi Baca, Dosen UIR Lakukan Pengabdian Masayarakat Desa Resam Lapis Kec. Bantan

Teks foto: Tingkatkan Literasi Baca, Dosen UIR Lakukan Pengabdian Masayarakat Desa Resam Lapis Kec. Bantan

BANTAN - Dalam meningkatkan minat baca dan membentuk  budaya literasi ditingkat pustaka desa, Septa Juliana, Srimaulidiah selaku Dosen Fisipol UIR bersama Mira dan Wira Adma Hajri selaku Dosen Hukum melakukan pengabdian  masyarakat dalam bentuk Penyuluhan dan memberikan bantuan buku bacaan untuk anak-anak kepada Pustaka Desa Graha Aksara Desa Resam Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis, pada 8 Agustus 2022.

Atas kegiatan dan bantuan buku tersebut disambut baik Ketua Pustaka Desa Resam Siti Hajar dimana ia mengakui, masih ada beberapa kekurangan di dalam perpustakaan, salah satunya adalah kekurangan buku bacaan untuk anak-anak, maka dari itu berinisiatif memberikan bantuan buku bacaan agar budaya literasi dapat terlaksana.

“Kami sangat mengucapkan terima kasih kepada para Dosen Ilmu Pemerintahan Fisipol UIR atas bantuan buku serta penyuluhan di tempat pustaka kami Desa Graha Aksara Desa Resam Kecamatan Bantan Kabupaten Bengkalis,” hal itu diungkapkannya Selasa 30 Agustus 2022.

Lanjut Siti, semoga bantuan buku ini dapat membantu anak-anak desa dalam meningkat minat baca dari sejak usia dini.

Sementara itu, Septa Juliana Dosen Ilmu Pemerintahan Fisipol UIR mengatakan, minimnya minat baca merupakan masalah mendasar yang memiliki dampak sangat luas bagi kemajuan bangsa Indonesia. Selain itu, rendahnya minat baca telah menyebabkan meningkatnya hoaks dan disinformasi. Sebab, masyarakat pembaca yang terampil mampu membaca, memahami, mengevaluasi, dan menyaring informasi.

“Untuk itu kami berharap dengan penyuluhan dan bantuan buku yang kami berikan ini dapat membantu masyarakat untuk sadar pentingnya membaca. Karena membaca adalah jendela ilmu,”katanya.#DISKOMINFOTIK.