Jadi Perwakilan Lomba Desa/Kelurahan se Riau, Lurah Rimba Sekampung Paparkan 4 Inovasi

BENGKALIS - Kelurahan Rimba Sekampung, Kecamatan Bengkalis, menjadi perwakilan Kabupaten Bengkalis dalam Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Riau tahun 2022. 

Bertempat di Kantor Lurah Rimba Sekampung, Tim Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Riau tahun 2022, mendengarkan pemaparan Lurah Rimba Sekampung mengenai potensi wilayah dan 4 inovasi unggulannya, Selasa, 26 Juli 2022.

“Untuk Kelurahaan Rimba Sekampung, ada 4 inovasi unggulan yang telah kami laksanakan diantaranya Elektronik Surat Kematian Antar ke alamat (e-SEMKA), Posyandu Keliling untuk Lanjut Usia (Posling Lansia), Rumah Aman dan Produk Unggulan Sirup Bunga Telang," ujar Lurah Rimba Sekampung, Halimahtusa'diah.

Dengan memaparkan potensi dan 4 inovasi ini, Lurah Rimba Sekampung berharap mampu meraih juara dan mengharumkan nama masyarakat Rimba Sekampung khususnya, dan Kabupaten Bengkalis umumnya.

Sementara itu, Yorin Efendi selaku Ketua Tim Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Riau tahun 2022 mengatakan, bahwa Pemerintah Provinsi Riau melalui Dinas Pemerintahan dan Desa (PMD) menggesa agar terbentuknya desa mandiri.

"Dan Dinas PMD Provinsi Riau terus berupaya mendukung program Gubernur dan Wakil Gubernur Riau dalam mencapai desa/kelurahan yang mandiri sebagaimana yang sudah diprogramkan.

Apa yang kita lakukan hari ini merupakan salah satu bentuk atau dalam rangka pembinaan desa maupun kelurahan,” tutupnya.

Untuk diketahui, lomba desa dan kelurahan ini di gelar dalam rangka mengevaluasi tingkat perkembangan desa/kelurahan yang meliputi aspek pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan selama 2 tahun terakhir. 

Selain itu, kegiatan ini untuk meningkatkan motivasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi dan semangat pemberdayaan masyarakat desa dan kelurahan.

Adapun tahapan penilaian diawali dengan pemaparan dari Lurah Rimba Sekampung, dihadapan Tim Penilai mengenai potensi dan 4 inovasi unggulan yang ada di Kelurahan Rimba Sekampung.

Kemudian, dilanjutkan dengan verifikasi dan validasi kelengkapan data pendukung administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi tersebut juga dihadiri Camat Bengkalis Ade Suwirman, Sekcam Bengkalis Rafli Kurniawan, Perwakilan Dinas PMD Bengkalis Febri, Bhabinkamtibmas Bripka Deri Adrianto, serta perangkat Kelurahan Rimba Sekampung.#DISKOMINFOTIK