Sambut Ramadhan 1443 H, IPPPA Bersama Masyarakat Gelar Kenduri Kampong

BENGKALIS - Sempena menyambut Bulan Suci Ramadhan, masyarakat Desa Kelapapati RT 03 RW 02 dan Wonosari RT 03 RW 05 Kecamatan Bengkalis, menggelar Kenduri Kampong menyambut bulan suci Ramadhan 1443 H.

Pergelaran Kenduri Kampong yang diinisiasi oleh Ikatan Pemuda/i Pembangunan dan Antara (IPPPA) dilangsungkan di sepanjang Jalan Pembangunan III, RT 03 RW 02, Sabtu malam, 26 Maret 2022.

Kenduri Kampung ini adalah yang ke 4 kalinya dilakukan oleh masyarakat RT 03 RW 02 dan RT 03 RW 05. Ratusan warga berkumpul dan duduk berjajar di sepanjang jalan Pembangunan III Desa Kelapapati dengan menggelar tikar.

Ketua RW 02, Sudirman menjelaskan, Kenduri Kampung yang dilaksanakan ini merupakan sarana untuk meningkatkan ikatan silaturahmi dan sekaligus wujud kerukunan antar warga.

“Alhamdulillaah acara ini bisa terlaksana. Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh panitia. Mudah-mudahan melalui acara ini, kita semua bisa saling maaf memaafkan agar ibadah puasa kita nanti menjadi lebih baik lagi,” ungkap Sudirman.

Sudirman menambahkan bahwa bulan puasa merupakan bulan penuh hikmah yang kehadirannya selalu ditunggu oleh seluruh ummat Muslim di seluruh dunia, tak terkecuali masyarakat Desa Kelapapati dan Wonosari.

Maka itu, ia berharap, momen spesial ini dapat dijadikan wahana pembelajaran untuk mempertebal keimanan dalam diri semua masyarakat.

“Mudah-mudahan acara ini menjadi momen spesial dalam mempertebal keimanan dan keikhlasan, dalam kehidupan bermasyarakat, dan mari bersama-sama kita berdoa agar pandemi Covid-19 segera sirna di muka bumi ini,” pungkasnya.

Kenduri Kampung dimulai dengan doa bersama (tahlil) yang dipimpin tokoh agama setempat. Usai berdoa, masyarakat melakukan kenduri atau makan bersama dengan duduk di sepanjang Jalan Pembangunan III RT 03 RW 02.

Warga membaur menikmati makanan meski dengan wadah piring dan daun pisang. Sesekali mereka juga saling bertukar makanan yang mereka bawa. Sekitar 60 ekor lebih Ayam Ingkung (ayam kampung utuh dimasak santan) turut disiapkan pemuda pemudi untuk menyemarakkan perhelatan kenduri Kampung menyambut bulan Suci Ramadhan 1443 H/2022 M. #DISKOMINFOTIK