Kesbangpol Gelar Kegiatan Peningkatan Efektivitas Tugas FPK

BENGKALIS - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Bengkalis, menggelar kegiatan Peningkatan Efektivitas Tugas Forum Pembauran Kebangsaan (FPK), di Gedung Datuk Laksamana Raja Dilaut, Selasa, 21 Desember 2021.

Kepala Kesbangpol, H Hermanto Baran dalam sambutannya menyebutkan bahwa kegiatan ini untuk memberikan informasi dan pemahaman tentang pentingnya efektivitas FPK.

"Selain itu, kegiatan ini juga menjadi wadah mempererat silaturahmi, koordinasi dan komunikasi untuk terwujudnya pembauran kebangsaan. Sehingga negara ini selalu dalam keadaan aman dan kondusif," ujar Hermanto.

Sementara itu Bupati Bengkalis, diwakili Asisten Administrasi Umum, Aulia, ketika membuka kegiatan ini mengharapkan agar pembinaan kerukunan tetap terus terjaga meski Kabupaten Bengkalis saat ini masih kondusif.

""Karena melalui kegiatan ini, dapat memperkuat peran FPK dalam menjaga, memelihara dan mempertahankan serta memperkokoh persatuan, kesatuan dan eksistensi bangsa," jelas Aulia.

Apalagi sambung Aulia daerah kita Kabupaten Bengkalis memiliki berbagai macam-macam suku, agama, ras dan golongan dengan inilah memungkinkan adanya sikap masyarakat untuk bisa menerima kemajemukan dan keberagaman dengan tetap menanamkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan berlandaskan ideologi negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Dengan demikian potensi timbulnya isu maupun faham-faham radikalisme yang membuat semangat toleransi di daerah ini terdegrasi akibat perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang begitu pesat dapat diwaspadai sedini mungkin melalui penguatan kesadaran berbangsa dan bernegara.

"Untuk itu, melalui forum ini kami tekankan kepada FPK agar berperan aktif mendukung program pembangunan nasional dan daerah. Mari kita bergandeng bahu memberikan pemahaman yang benar kepada masyarakat. Jika muncul isu-isu negatif terkait SARA, segera lakukan klarifikasi agar isu tersebut tidak merusak harmonisnya tatanan kehidupan berbangsaan bernegara di daerah yang kita cintai ini ," tegas Aulia

Turut hadir Ketua FPK Provinsi Riau A. Fahri Yasin, Wakil Ketua FKP Riau, Fakhrunnas MA Jabbar selaku narasumber dan para peserta forum FPK Kabupaten Bengkalis.