Pencarian

Buka Jambore PAUD Tingkat Kabupaten Bengkalis

Bupati Kasmarni: Menjadikan PAUD Sebagai Dasar Pembangunan SDM Adalah Tanggung Jawab Bersama

BENGKALIS - Menjadikan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) sebagai dasar dalam pembangunan sumberdaya manusia dimasa hadapan menjadi tanggung jawab bersama.

Hal tersebut sebagaimana diungkapkan Bupati Bengkalis Kasmarni kala membuka Jambore PAUD tingkat Kabupaten Bengkalis di Balai Kerapatan Wisma Daerah Sri Mahkota Bengkalis Selasa, 2 November 2021.

Diaktakan Kasmarni PAUD sangat bernilai karena periode PAUD merupakan generasi emas yang sangat berharga dan sangat bernilai, sehingga perlu dikelola dengan baik, terukur, terarah dan terintegrasi, agar kelak menjadi insan yang ceria, cerdas, kompetitif, berkarakter serta menjadi bonus demografi dimasa hadapan.

“Guna mewujudkan generasi emas yang berkualitas, tentunya harus kita mulai dengan memperkuat program bina PAUD holistik integratif. Yakni, upaya pengembangan anak usia dini yang dilakukan dalam memenuhi kebutuhan esensial anak yang beragam dan saling terkait secara simultan, sistematis, dan terintegrasi, meliputi pemberian layanan pendidikan yang terintegrasi dengan layanan kesehatan dan gizi, pengasuhan dan perlindungan agar anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal serta terlindunginya anak dari segala bentuk kekerasan dan tindakan diskriminasi,” ungkap Kasmarni.

Oleh karenanya koordinasi, sinergi dan kolaborasi seluruh unsur yang mendukung pendidikan PAUD secara simultan harus kita perkuat.

Begitu pula, kepada semua element masyarakat Kabupaten Bengkalis, terkhusus kepada camat, lurah dan kepala desa Kasmarni mengajak memberikan dukungan penuh kepada Bunda Paud dan lembaga PAUD dalam menyiapkan generasi sehat, cerdas, ceria dan berakhlak mulia, demi terwujudnya Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera.

 “Kami pemerintah Kabupaten Bengkalis, tetap berkomitmen dalam mencetak SDM unggul, sehat, cerdas, ceria dan berkarakter. Sebagaimana  telah kami tuangkan dalam Misi Pemerintah Daerah, dan tentunya telah menjadi misi kita bersama yang harus kita laksanakan secara integratif dan kolaboratif, guna mewujudkan pengelolaan potensi sumber daya manusia yang efektif, menuju masyarakat yang berkarakter,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bunda PAUD Kabupaten Bengkalis inimenyerahkan secara simbolis makanan tambahan kepada anak pra sekolah  di lokus stunting Kabupaten Bengkalis serta penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA) PAUD se-Kabupaten Bengkalis.

Usai dibuka Jambore PAUD oleh Bupati Kasmarni, resmilah lomba syair, daur ulang, mendongeng, cipta lagu, video penunjang PAUD HI dan lomba media pembelajaran dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso, Sekda Bengkalis Bustami Hy, Staf Ahli Bupati Toharuddin, Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Bengkalis Tengku Zainuddin, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis diwakili Ira Vandriani, Kepala Dinas Pendidikan Edi Sakura serta  Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Bengkalis lainnya. #DISKOMINFOTIK

Tim Redaksi