Bupati Bengkalis Kasmarni: Cegah Wabah Pandemi Covid-19 dengan Semangat Iqra

DURI – ‘Al-Alaq merupakan surah dalam Alquran yang pertama diturunkan. Pada ayat pertama surat yang terdiri dari 5 ayat tersebut. terdapat kata iqra' yang artinya bacalah. 

Bupati Bengkalis Kasmarni menjelaskan, perintah membaca tersebut diantaranya, memiliki arti meneliti, mengkaji, mendalami dan juga mengetahui ciri sesuatu. 

Oleh karenanya, imbuhnya, pilihan sikap dan kebijakan dalam menghadapi setiap persoalan hidup yang kita jalani saat ini, harus dilakukan melalui proses sebagaimana makna yang terkandung dalam perintah membaca tersebut.

“Begitu juga halnya dengan wabah Covid-19 yang sedang melanda, perlu kita pahami, dalami dan cegah dengan semangat Iqra'. Karena banyak aspek yang perlu dipertimbangkan agar semua selamat dan segera mampu melewatinya,” terangnya.

Bupati Kasmarni mengemukakan hal itu ketika membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XLVI tingkat Kecamatan Mandau di Gedung Bathin Betuah, Duri, Senin malam, 18 Oktober 2021.

Masih menurut Bupati Kasmarni, sikap pasrah dan doa kepada Allah agar wabah Covid-19 segera berakhir, perlu diikuti dengan usaha mendisiplinkan diri pada pelaksanaan protokol kesehatan serta program vaksinasi.

Sebab, sambungnya, baik itu pelaksanaan protokol kesehatan maupun program vaksinasi tersebut dibuat dan disusun berdasarkan pertimbangan akal dan juga ilmu pengetahuan.

“Tujuannya, agar kita dapat segera mengakhiri pandemi ini dan kita kembali dapat hidup normal seperti sedia kala”, katanya. 

Adapun tema yang diusung di MTQ di Mandau tahun ini, yakni “Melalui MTQ Ke-46 Tingkat Kecamatan Mandau Tahun 2021, Bersama Kita Mencegah Pandemi Covid-19 Dengan Mengamalkan Nilai-Nilai Yang Terkandung Dalam Al-Quran, Guna Mewujudkan Kecamatan Mandau Yang Bermarwah, Maju Dan Sejahtera.”

Selain Bupati Kasmarni, hadir dalam pembukaan MTQ ke-XLVI Kecamatan Mandau ini, diantaranya Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso dan Camat Mandau Riki RIhardi.

Kemudian, Ketua DPRD Bengkalis H. Kairul Umam dan Wakil Ketua III DPRD Bengkalis Syaiful Ardi, serta sejumlah legislator Kabupaten Bengkalis asal daerah pemilihan IV Kecamatan Mandau, seperti Nanang Haryanti dan Septian Nugraha. #DISKOMINFOTIK